PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Zahrotul Inayah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sumadi Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Pop-up Book, Minat, Hasil Belajar

Abstract

Penggunaan media dapat membantu proses pembelajaran. Segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan emosi, ide, fokus, dan keterampilan siswa dalam rangka meningkatkan pembelajaran dianggap sebagai media. Penggunaan media pembelajaran guna sebagai mediator antara instruktur dan siswa untuk memberikan informasi pembelajaran. Ada sejumlah masalah yang muncul ketika diketahui bahwa guru matematika hanya menggunakan sumber belajar sederhana seperti menggambar langsung di papan tulis atau membawa potongan kertas dalam bentuk bangun datar, dan kemudian menugaskan peserta didik guna melaksanakan pengerjaan latihan soal dari LKS. Berdasarkan hal itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi kemanjuran, kepraktisan, validitas media Pop-up Book. Dalam pengembangan ini, paradigma ADDIE digunakan, dan pengujian produk dilakukan oleh peserta didik kelas V SDN VII Babat. Metode penghimpunan data berikut dipakai: tes siswa, kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Media Pop-up Book yang dirancang memperoleh hasil validasi yang sangat positif, dengan skor 90,5% oleh ahli media, 94% oleh ahli materi, juga 97,7% oleh ahli bahasa. Tingkat kepraktisan media ini ditentukan dengan menggunakan data dari tanggapan guru dan siswa; data jawaban guru menghasilkan tingkat keberhasilan 96%. Sementara itu, 90,3% data berasal dari jawaban siswa. Selain itu, hasil uji coba media menunjukkan minat belajar siswa meningkat menjadi 89,2%, sedangkan pada uji coba lapangan proporsi yang sama mencapai 81,9%. Bersumber pada hasil temuan tersebut, dapat dikatakan bahwa media ini layak digunakan untuk mengajarkan materi tentang luas dan keliling bangun datar pada peserta didik kelas lima.

References

Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., Muhtadin, M. A., Kediri, I., & Satu Tulungagung, U. (2023). T S A Q O F A H Jurnal Penelitian Guru Indonesia PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(1), 23–38. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah

Beno, J., Silen, A. P., & Yanti, M. (2022). Dampak pandemi covid-19 pada kegiatan ekspor impor (Studi pada PT. Pelabuhan Indonesia II (PESERO) cabang Teluk Bayur). Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 22(2), 117-126.

Dalimunte, B., & Sitorus, P. (2021). Pengembangan prototype traffic light mikrokontroler berbasis rduino mega pada mata pelajaran teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler di SMK negeri 1 Percut Sei Tuan. JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education, 1(1), 10.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Lestari, W. (2015). Efektifitas Strategi Pembelajarandan Motivasi Belajarterhadap Hasil Belajar. Jurnal Formatif, 2(3), 170–181. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.98

Marlina, D. (2021). Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2021: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 15-16 JANUARI 2021, 266–273. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5622/4872

Najahah, I., & Agus; Eko. (2016). Perancangan Buku Pop-Up Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 04, 494–501. https://media.neliti.com/media/publications/250986-perancangan-buku-pop-up-sebagai-media-pe-4010ccca.pdf

Nisa, L., Wuryandani, W., & Masradianti, M. (2018). Perancangan buku cerita pop-up berbasis karakter untuk menanamkan karakter peduli sosial anak usia dini. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1366.

Nurdiana, I. M. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dengan Latihan Keterampilan Yang Benar Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Belajar Bahasa Indonesia. Suluh Pendidikan, 19(1), 99–112. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v19i1.240

Nurfadhillah, S., Fadhilatul Barokah, S., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., Yanti, A. A., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 1 Mi Al Hikmah 1 Sepatan. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 149–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Safri, M., Sari, S. A., & Marlina. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 107–113.

Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis It. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 186–196. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857

Yuliana, H., & Timur, K. (2020). Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Buku Pop-Up.

Downloads

Published

2024-10-02