VALIDASI AHLI MEDIA MOKSHAPAT HITUNG UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN
Keywords:
Mokshapat, Hitung, Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Penelitian ini bermaksud guna mengevaluasi kelayakan materi pembelajaran Mokshapat Hitung untuk anak-anak berusia 5-6 tahun. Mokshapat Hitung adalah permainan edukasi klasik yang menyerupai ular tangga. Penelitian dan Pengembangan (R&D) didefinisikan oleh Sugiono yaitu metodologi penelitian yang digunakan. kuesioner atau angket digunakan untuk alat pengumpulan data. Dengan menghitung persentase jawaban masing-masing ahli, teknik analisis data dari data kuantitatif yaitu dari nilai kuesioner penilaian ahli. Menurut penelitian, media Mokshapat Hitung mendapatkan hasil dari ahli materi dengan persentase 79,9% dengan kategori “Layak”. Sedangkan hasil dari ahli media dengan persentase 73,8% dengan kategori “Layak”. Dari penilaian validator ahli maka dapat disimpulkan media Mokshapat Hitung dapat digunakan untuk pembelajaran pada anak.
References
Alaiba, D., Shalahuddin, & Siregar, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren. Primary Education Journal (Pej), 5(1), 8–14. https://doi.org/10.30631/pej.v5i1.76
Anggraini, A. R., & Hartono, M. H. (2015). Pendapat Siswa Mengenai Pembelajaran Kimia Yang Diiringi Musik Klasik Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sman 5 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(2), 128–133.
Apriyansyah, C. (2018). Peningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Permainan Stick Angka. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 5(1), 46–63.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Lingkar Widyaiswara, 104–114.
Fitriana, N. S. (2018). pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik. 1(1), iii–vii.
Hasan, S. H., & Larumbia, L. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Praktikum Fisika Teknik Menggunakan Video Tutorial. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 271–277. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i2.4139
Krisdiana, Iriyanto, T., & Astuti, W. (2021). Pengembangan media pembelajaran smart book untuk menunjang aktivitas belajar anak usia 5-6 tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 7, 123–141.
Kurniawati, R. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Dengan Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok B Tk Yunior Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 24–25.
Kusayang, T., & Amin, R. (2019). Penggunaan Media Papan Flanel dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak di TK Mutiara Al-Madani Kota Sungai Penuh. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 17(2), 189–206. https://doi.org/10.30631/innovatio.v17i2.55
Matin, R. H., Ety Rohaety, E., & Nuraeni, L. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Di Tk Nusa Indah. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 49. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p49-56
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Putri, V. L., Arwendis, W., & Kusumastuti, N. D. (2021). Pengembangan Media frueelin untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 155–163. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan
Rizkiana, A., Fahruddin, F., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. 2(1), 219–224.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, 34.