PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN EGBA (EGRANG BATHOK) DI TK PERTIWI GAYAM KECAMATAN BOGOREJO KABUPATEN BLORA
Keywords:
Motorik kasar, Permainan, EGBA (Egrang Bathok)Abstract
Menurut UUD No 20 Tahun 2003 yang mengatur tentang sistem pendidikan nasional, PAUD ialah suatu cara dengan enam (6) tahun merupakan salah satu upaya yang bertujuan untuk membina tumbuh kembang anak dari lahir sampai dengan umur enam tahun. Hal ini dicapai dengan memberikan rangsangan intelektual yang memajukan tumbuh kembang anak-anak pada tingkat jasmani dan rohani serta merencanakan mereka untuk masuk perguruan tinggi. Ilmu yang mempelajari anak-anak di bawah usia enam tahun dikenal dengan PAUD. Tujuan explorasi ini adalah untuk membantu perkembangan motorik kasar siswa usia empat sampai lima tahun di TK Pertiwi Gayam Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora dengan menggunakan permainan EGBA (Egrang Bathok). Ada lima belas anak dalam kelompok belajar ini, berusia empat hingga lima tahun. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun 2023–2024.Penelitian ini memakai desain penelitian tindakan kelas (PTK) 2 siklus, dengan empat komponen untuk setiap siklus: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah indikator ketercapaian, lembar bimbingan, dan RPPH. Menurut observasi, anak dapat meningkatkan kemampuan motorik kasarnya dengan memainkan permainan EGBA (Egrang Bathok). Tingkat keterampilan motorik kasar meningkat seiring dengan peningkatan proporsi dari 27% (pra siklus) menjadi 66% (siklus I) dan kemudian bisajadi 85% (siklus II). Ini menunjukkan bahwa permainan EGBA (Egrang Bathok) dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk menambah keterampilan motorik kasar anak kecil.
References
Asmarani, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI Berbasis Android (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22.
Devi, M. S. (2020). Penggunaan Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa dalam Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Erwanda, D. R., & Sutapa, P. (2023). Pengembangan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3323-3334.
Gallahue, D. L. (2010). Understanding motor development in children and youth. In Proceedings of The 6th international scientific and expert symposium “Contemporary views on the Motor Development of a Child (pp. 17-23).
Halimah, S. (2018). Efektivitas Permainan Egrang Tempurung Kelapa Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar (Penelitian di Kelompok Bermain Kuncup Melati Desa Margoyoso, Kec. Salaman, Kab. Magelang Tahun Ajaran 2018/2019) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Hardiyaningrum, D. F. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Bermain Engklek Pada Anak Kelompok B Tk Chuzaemah Pagojengan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Semester Gasal Tahun 2011-2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Idham, M. Y. (2018). Implementasi Modifikasi Permainan Bolabasket Terhadap Hasil Belajar Siswa: Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas XI IPA 4 SMA Pasundan 2 Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Karyadi, A. C. Diktat Materi Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Masliati, T., & Maswiati, W. (2020). Upaya Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Permainan Tradisional Engklek Pada Anak Usia Dini Di Kelompok A Raudhatul Athfal Nurul Iman Cijawa Kota Serang. Pelita Calistung, 1(02), 46-52.
Monicha, N. (2020). Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan sirkuit. Jurnal cikal cendekia, 1(1).
Muriyan, O. (2019). Mengembangkan Kemampuan Mo Torik Kasar Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Gerakan-Gerakan Senam Di Tk Negeri Pembina Kalianda Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.
Rohayati, R., & Budiarti, E. (2022). Menumbuhkan Literasi Membaca Awal Melalui Permainan Tradisional Engklek Di TK Nurul Aulia Depok. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1715-1724.
Wahyuseptiana, Y. I. (2014). Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Di Gugus Sido Mulyo Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta.