PENGGUNAAN MEDIA POJOK BACA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK PADA KELOMPOK BERMAIN DI KECAMATAN SEMANDING
Keywords:
Pojok Baca, Minat Baca, LiterasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat baca anak usia 5-6 tahun pada kelompok bermain di Kec. Semanding dengan media pojok Baca karena berdasarkan observasi awal yang dilakukan diketahui minat baca para peserta didik yang masih kurang karena media pembelajaran yang masih konvensional dan kurangnya literasi yang diterima oleh para peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan MC.Taggart, yaitu dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data deskriptif kualitatif, yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu peningkatan persentase minat baca dari peserta didik di Kec. Semanding dari yang awalnya sebesar 60% menjadi 83.4%.
References
Aliyah, S., & Lestari, D. (2023). Penggunaan Pojok Baca Sebagai Media Untuk Meningkatkan Literasi Prabaca Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Miftahul Huda As-Shidiqiyah Tingkat Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 2(1), 97-103.
Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58–66.
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69.
Farida, R. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Ecodunamika, 3(2).
Jalaludin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Prinsip dan Praktik Instrumen Pengumpulan Data. Kementerian Pendidikan Nasional.
Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48-57.
Lidia, W. (2016). Hubungan Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Minat baca Siswa kelas V SD Negeri 101767 Tembung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Unimed (Universitas Negeri Medan).
Nurhayati, N. (2018). Pemilihan media pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Purba, H. M., Zainuri, H. S., Syafitri, N., & Ramadhani, R. (2023). Aspek-Aspek Membaca Dan Pengembangan Dalam Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 177-193.
Raudhah. (2018). Peningkatan Minat Baca dengan Media Pojok Baca Siswa Kelas II Min II Banda Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negri Ar Raniry
Ritonga, A. A., Purba, A. Z., Nasution, F. H., Adriyani, F., & Azhari, Y. (2023). Keterampilan Membaca Pada Pembelajaran Kelas Tinggi Di Tingkat MI/SD. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 102-113.
Sugiyono, D. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Bandung Alf.
Vitaloka, W. (2022). Pengaruh Metode Sintesa Terhadap Perkembangan Membaca Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 5(2), 130-140.