VALIDITAS BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA SMP KELAS VIII

Authors

  • Miftakhul Khanifah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

validitas, bahan ajar, PBL, bangun ruang sisi datar

Abstract

Rendahnya kesadaran siswa terhadap karakteristik serta konsep matematika dan tidak menyadari hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Metode pelaksanaan pembelajaran yang sering di gunakan cenderung berpusat pada pendidik dalam penyampaian materi. Tujuan penelitiannya yaitu mendeskripsikan validitas bahan ajar berbasis PBL pada materi bangun ruang sisi datar siswa SMP kelas VIII yang valid. Metode yang diterapkan yakni R&D dengan memakai model 4-D dari Thigarajan dan Semmel yang memuat empat tahap define, design, develop, dan disseminate. Dipenelitian ini hanya melaksanakan sampai tahap develop (pengembangan). 32 siswa dari  kelas VIII-D di SMP Negeri 5 Tuban adalah subjek penelitiannya. Instrumen penelitiannya yang dipakai yakni lembar validasi bahan ajar untuk menentukan validitas bahan ajar. Hasil uji validitasnya menyatakan bahwa bahan ajar yang dihasilkan mencapai skor rata-rata keseluruhannya 4,4 berkriteria sangat baik berasal dari ahli materi, sementara ahli media dengan skor rata-rata keseluruhannya 4,19 berkriteri baik. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar tersebut dikategorikan sebagai valid karena mencukupi persyaratan minimal yang baik.

References

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151

Cholilah, M., Gratia, A., Tatuwo, P., Rosdiana, S. P., Noor, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., & Buana, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zukfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 12(1), 29–40.

Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di Smk Negeri 2 Padang. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 12–25. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i1.956

Mawarsari, N., Wardani, K. W., Satya, K., & Salatiga, W. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi pada Kurikulum Merdeka Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. 5, 5461–5465.

Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19–29. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924.

Pajriana, A., Adityawan, O., Perdana, B. B., & Pujaswati, C. (2017). Branding Distro Growing Supply Co. Melalui Perancangan Corporate Identity. Jurnal Sketsa, 4(2), 12.

Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301.

Rachman, A. B. R., & Nuriadin, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Numerasi Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning dan Pendekatan TPACK. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(2), 81–93. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i2.522

Rahayu, P., & Ulul, E. D. (2018). Validitas lembar kerja mahasiswa berbasis konstruktivisme pada mata kuliah kapita selekta matematika II. Jurnal Teladan, 3(2), 111–119.

Rubianti, T., Priyatni, T., & Supriati, N. (2019). Penerapan model problem based learning (pbl) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar di kelas V. Journal of Elementary Education, 2(2), 82–89.

Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 245–258. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633

Syafriani, Y., Ramadhani, S., Harahap, F. A., Zuraira, T., & Fadilla, A. S. (2022). Peran Dan Tugas Guru Dalam Manajemen Kurikulum. 6(1).

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran IPS. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51–61.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. 1(2), 258–274.

Downloads

Published

2024-11-19