PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI PEMBAYARAN DIGITAL DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI
Keywords:
Persepsi Kemudahan, Minat Penggunaan, Aplikasi Pembayaran Digital, TransaksiAbstract
Di era industri digital ini, teknologi mengalami perubahan yang sangat cepat. Hal ini juga terjadi di Indonesia, pengguna Financial technology (fintech) meningkat setiap tahunnya, salah satunya adalah aplikasi pembayaran digital yang digunakan untuk melakukan transaksi. Aplikasi ini terdiri dari paper.id, OVO, dana, LinkAja, Sakuku, GoPay, Shopeepay, iSaku, PayPal, POSPAY, Dan Flip. Mudahnya ketika mengoperasikan software ini menjadikannya daya tarik untuk menggunakan aplikasi tersebut. Tak hanya itu, dengan adanya aplikasi pembayaran digital ini para pengguna tak perlu ribet lagi jika tidak membawa uang cash saat melakukan transaksi. Jenis riset ini yaitu menggunakan studi kepustakaan. bahwa mengacu pada hasil uji simultan di variabel persepsi fungsi juga persepsi mudahnya penggunaan secara simultan berdampak secara baik pada pengunaan bayar dengan cara digital. Berbanding lurus dengan studi yang dikaji oleh Arif dkk (2022) mengemukakan bahwasanya persepsi penggunaan dan persepsi kemudahan berdampak secara baik juga cepatnya keputusan pada keinginan menggunakannya.
References
Alghifari, A. Y., & Rahayu, T. S. M. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Derivatif: Jurnal Manajemen, 15(2), 223–236.
Artha, B., Sari, U. T., Sari, N. P., Khairi, A., & Suhartini, T. (2023). Keuangan digital: suatu studi literatur. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 84–91.
Brahmanta, G. P., & Wardhani, N. I. K. (2021). Pengaruh persepsi kebermanfaatan, kemudahan, risiko terhadap minat menggunakan ulang shopeepay di Surabaya. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 7(2), 97–108.
Dewi, L. S., & Falah, A. S. (2023). Pengaruh Faktor Kemudahan Penggunaan Terhadap Persepsi Konsumen Gopay Pada Pegawai SKK Migas Divisi Pengadaan Kota Jakarta. Journal of Management Review, 7(3), 950–957.
Eltin, G. Q. (2019). Pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap niat berperilaku dalam mengadopsi Financial Technology (Fintech).
Fachrunnisa, Z. H., Windarti, N. P., & Sari, R. P. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Payment dan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Fairness, 14(1), 1–14.
Gai, K., Qiu, M., & Sun, X. (2018). A survey on FinTech. Journal of Network and Computer Applications, 103, 262–273.
Giglio, F. (2021). Fintech: A literature review. European Research Studies Journal, 24(2B), 600–627.
Goldstein, I., Jiang, W., & Karolyi, G. A. (2019). To FinTech and beyond. The Review of Financial Studies, 32(5), 1647–1661.
Handayani, M., & Rianto, M. R. (2021). Pengaruh Financial Knowledge, Pendapatan dan Social influence terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Pembayaran Digital pada Generasi Milenial Islam di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1858–1865.
Lestari, R. I., Santoso, D., & Indarto, I. (2021). Meningkatkan literasi keuangan digital pada pelaku UMKM melalui sosialisasi gerakan nasional non-tunai. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(3), 378–390.
Maulidah, H., Krisdiyawati, K., & Utami, E. U. S. (2022). Peran Financial Technology Berbasis Digital Payment System E-Wallet dalam Meningkatkan Literasi Keuangan. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(4), 3324–3332.
Mukarromah, Y. M. (2023). Problematika sistem pembayaran aplikasi DANA sebagai e-wallet di Indonesia berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq JEMBER.
Norhabiba, F., Palupi, M. F. T., & Rohimah, A. (2019). Hubungan Terpaan Iklan Shopee Serta Tokopedia, Akses Aplikasi Dan Minat Membeli Pada Mahasiswa Untag Surabaya. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 3(2), 93–101.
Rahayu, R. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi keuangan digital: studi pada generasi Z di Indonesia. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 74–87.
Reza, H. K., & Susanti, M. (2019). Keuangan Digital. Wiyata Bestari Samasta.
Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh digital payment terhadap perilaku konsumen di era revolusi industri 4.0 (Studi kasus pengguna platform digital payment OVO). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 107–126.
Saputro, N., Purnama, M. Y. I., Nugroho, L. I., Toro, M. J. S., Pamungkas, P., Prameswari, A. P., & Trinugroho, I. (2023). Literasi Keuangan Digital untuk mendorong Wirausaha Berbasis Digital. Manajemen Dewantara, 7(1), 46–51.
Sari, J., Mildawati, T., Yahya, Y., & Kurnia, K. (2022). Pemanfaatan aplikasi keuangan digital untuk mewujudkan UKM handal. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 210–220.
Sholihah, E., & Ariyani, D. (2023). Intensi Kontinuitas Penggunaan Digital Payment: Peran Mahasiswa Sebagai Warga Keuangan Digital. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Jayakarta, 4(02), 73–84.
Siswanti, T. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Digital dan Sosial Ekonomi terhadap Pemanfaatan Digital Payment dengan Budaya sebagai Variabel Moderating. Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 8(1).
Tan, E., Kusumah, D. H., & Damanik, A. (2021). Impresi e-Payment dan Niat Berperilaku Baru Bagi Pemanfaatan Inklusi Keuangan Digital UMK. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(3), 163–174.
Vogel, J., Hollenbach, J., Haering, A., Augurzky, B., & Geissler, A. (2024). The association of hospital profitability and digital maturity – An explorative study using data from the German DigitalRadar project. Health Policy, 142. https://doi.org/10.1016/j.healthpol.2024.105012
Wibowo, E., & Ratnawati, T. (2023). The Influence of Collaborative Networks, Information Technology, Entrepreneurial Orientation Towards Financial Literacy At SMEs Batik Surakarta. International Conference On …, 1009–1017.
Widyasanti, I. A. H., & Suarmanayasa, I. N. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha. Bisma: Jurnal Manajemen, 9(2), 145–154.