KELAYAKAN MEDIA PERMAINAN ENGKLEK NUMERIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 4-5 TAHUN
Keywords:
Media permainan engklek, kemampuan berhitung, anak usia 4-5 tahunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Media Permainan Engklek Numerik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melindungi anak yang berusia diatas empat atau lima tahun. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah Research andDevelopment (R&D) dengan menggunakan paradigma Borg &Gall. Karena situasi saat ini, peneliti hanya menyelesaikan enam langkah pertama model, yaitu: menganalisis potensi dan masalah, mengumpulkan data, merancang produk, memvalidasi desain, merevisi desain, mengevaluasi produk, dan mengevaluasi pengguna. Validasi media dilakukan oleh media, guru, dan pihak terkait lainnya. Luaran dari penelitian ini adalah Media Permainan Engklek Numerika yang dapat meningkatkan resiliensi anak. Analisis dari media menunjukkan tingkat persetujuan sebesar 85% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan analisis dari media menunjukkan tingkat persetujuan sebesar 84% dengan kategori “sangat layak”.
References
Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Citapustaka Media, 89.
Annisa, C., Fauziah, A., & Erawati, E. (2020). Engklek Gen 4.0 (Studi Etnomatematika: Permainan Tradisional Engklek sebagai Media Pembelajaran Matematika). Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(1), 33–48. https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2499
Bagoes, A., Dan, K., & Hidayah, R. (2020). Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa Practically of Zuper Abase Game Based on Android As an Acid Bases Learning Media. Unesa Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254
Foridiana, Muzakir, U., & Nurtiani, A. T. (2021). Analisis Kemampuan Berhitung Dengan Penerapan Media Tangga Pintar Pada Anak Kelompok B Di Paud Ibnu Sina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 1–18.
Irawan, A. (2018). Penggunaan Ethnomatematika Engklek Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 46–51.
Khoerunnissa, N. R., Sunaryo, Y., & Eva Zakiah, N. (2023). Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Unigal, 1(1), 63–71.
Liska. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PENDAHULUAN Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat , menyababkan perubahan hampir disemua bidang kehidupan . Sejalan den. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2Liska. (2(3), 161–170.
Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
Masruroh, S., & Diananda, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 3(1), 114–130. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v3i1.516
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Sari, M. P., Kautsar, F., Maulana, A., & Lorensa, F. (2021). Pemanfaatan permainan tradisional engklek sampar sebagai media pembelajaran matematika berbasis etnomatematika yang meliputi rumah adat , upacara adat , tarian, lagu , dan salah satu permainan tradisional yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran [U. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika, 1, 447–458.
Suwandi, S. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Mencerdaskan Dan Tanggung Jawab Menghasilkan Generasi Literat. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 1–17. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1562
Yanti, C. O. D., Anggraini, F., & Darwanto. (2019). Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa. Semnasfip, 201–206.