ANALISIS KELAYAKAN MEDIA MALFA (MAGNET ALFABET) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK
Keywords:
Pengembangan, Media MALFA, KeaksaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media MALFA (Magnet Alfabet) keaksaraan anak di TK Dharma Wanita II Pucangarum. Mencakup tentang keaksaraan Media MALFA (Magnet Alfabet) adalah media pembelajaran yang dikembangkan sebagai media ajar mengenal keaksaraan anak usia 4 sampai 5 tahun. Metode penelitian menggunakan model pengembangan dengan model Borg and Gall. Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengetahui uji kelayakan pada media MALFA (Magnet Alfabet) dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak. Hasil yang didapatkan adalah saat menggunakan media ini adalah minat dan antusias anak saat media ini digunakan. Pada hasil perhitungan yang dilakukan validator menunjukkan bahwa media ini “Layak” dengan nilai 80,34% untuk validasi ahli media dan nilai 88,4% untuk hasil validasi ahli materi dengan kategori “Layak” digunakan untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak.
References
Anwar, N., Johar, R., & Juandi, D. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1).
Arifin, A. W., & Pauweni, A. J. (2019). Peran Guru terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 1(2), 37–45.
Ariska, M. D., Darmadi, D., & Murtafiâ, W. (2018). Pengembangan media pembelajaran menggnakan adobe flash berbasis metakognisi untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 83–97.
Arumisore, N. M., Indana, S., & Soetjipto, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Sistem Gerak Manusia di SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(1), 1386–1396.
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Membangun budaya membaca pada anak usia dini di era digital. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(01), 10–24.
Hidayati, S., Oktaviani, L., & Aminatun, D. (2023). EFL STUDENTS’SPEAKING ANXIETY: A CASE STUDY AT THE FIRST GRADE OF SMA AL HUDA JATI AGUNG. Journal of English Language Teaching and Learning, 4(1), 1–7.
Hutapea, R. H., & PAK, S. (2020). Peran guru dalam pengembangan peserta didik di era Digital.
Kharis, S. A. A., & Zili, A. H. A. (2022). Learning Analytics dan Educational Data Mining pada Data Pendidikan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(1), 12–20.
Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438.
LINDA, S. D. M. E. I. (2022). PENGEMBANGAN MODUL EKONOMI BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI KELANGKAAN KELAS X SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG. Universitas Muhammadiyah Metro.
Permatasari, S., Luthfiya, A. Z., Rinaldy, B. A. T., Dean, M. R., Nurlitawaty, N., Dila, R., … Fadhil, T. M. A. (2023). Peningkatan Literasi Melalui Pembelajaran Mengenal Huruf dan Angka di Paud Al-Hidayah Desa Baru. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(7).
Rohman, Y. A., Rahman, R., & Damayanti, V. S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5388–5396.
Sa’ida, N. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kreativitas anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 101–110.
Sari, N. R., Hayati, F., & Harfiandi, H. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok A Di Tk Bungong Seleupok Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop–Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16.
Wahyuni, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B RA An-Nida. Jurnal Raudhah, 5(2).
Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan literasi bahasa anak usia dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53–60.