DESAIN MEDIA BIMAMU UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI

Authors

  • Khoridatul Bahiyyah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Firdausi Nuzula Apriliyana Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Desain Bimamu, Kemampuan Numerasi, Anak

Abstract

Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat Bimamu, atau Numbers Forward and Backward, sebuah desain media pembelajaran inventif yang akan meningkatkan kemampuan numerasi anak-anak usia dini di RA Al-Falah, Kabupaten Tuban. Masalah yang ditemukan adalah betapa sulitnya bagi anak-anak untuk memahami konsep penjumlahan dan pengurangan ketika mereka menggunakan alat pengajaran konvensional seperti jari dan kartu angka. Tujuan dari media bimamu adalah untuk memberikan pendekatan pengajaran yang lebih menarik dan dinamis. “Teknik Penelitian dan Pengembangan (R&D) digunakan dalam penelitian ini, yang mencakup langkah-langkah analisis kebutuhan, desain produk, validasi oleh spesialis materi dan media, dan uji coba kelompok kecil dan besar.” Validasi ahli menunjukkan bahwa penggunaan media ini sangat layak, dengan 84% ahli media dan 84% ahli materi menunjukkan bahwa hal itu memungkinkan. Tingkat kelayakan uji coba kelompok besar dengan 14 anak adalah 87%, tetapi tingkat kelayakan uji coba kelompok kecil dengan 5 anak adalah 93%. Nilai rata-rata hasil belajar anak meningkat dari 2,7 menjadi 9,85 setelah menggunakan media, dan persentase penyelesaian kelas meningkat dari 60% menjadi 2,7, yang menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 87%. Hasil belajar anak juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, media Bimamu dapat dimanfaatkan di RA Al-Falah dan sekolah lainnya sebagai media pembelajaran alternatif karena terbukti berhasil meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini.

References

Agung, M., Ahmed, E. E., Al-Khalili, K. Y., Anthony, R., Sejati, M., Arikunto, S., Jabar, C., Safruddin, A., Arsyad, A., & Bandura, A. (2015). The effectiveness of a proposed program based on integrated educational modules to develop sex education for kindergarten children. Europ ean Scientific Jounal, 9 (28), 283-296.

Abdussakir, A. (2018). Literasi Matematis dan Upaya Pengembangannya dalam Pembelajaran di Kelas. In Makalah disampaikan dalam Seminar Pendidikan Matematika “Menanamkan Pendidikan Karakter (Akhlaqul Karimah) dan Kesadaran Literasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika” oleh Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumenep, 3 Maret 2018.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh kemampuan numerasi dalam menyelesaikan masalah matematika terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1-10.

Arifin, Z. (2019). Penelitian Pendidikan; Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Palikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kencana.

Gustiani, S. (2019). Research and development (R&D) method as a model design in educational research and its alternatives. Holistics (Hospitality and Linguistics): Jurnal Ilmiah Bahasa Inggris, 11(2).

Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-

Setianingrum, I., & Azizah, N. (2021). Team games tournament untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 315–327.

Setyani, N. H., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2023). Pengembangan Keterampilan Numerasi Dan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Bahan Alam. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 55–73.

Setyosari, P. (2013). Ranah Kognitif dalam Pembelajaran. Malang: Unmal.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Wardhani, B. (2021). Pengembangan Numerasi untuk Anak Usia 3-6 Tahun.

Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36–41.

Downloads

Published

2024-11-02