PENGARUH PERMAINAN PAPAN TITIAN TERHADAP KESEIMBANGAN TUBUH ANAK USIA DINI
Keywords:
Keseimbangan Tubuh, Permainan, Papan TitianAbstract
Keseimbangan tubuh merupakan kemampuan tubuh dalam mempertahankan posisi untuk menjaga satu bagian tubuh tetap stabil saat bagian tubuh lainnya bergerak. Keseimbangan disini adalah kemampuan posisi tubuh tetap bertahan dalam keadaan bergerak ataupun diam. Dengan adanya media, proses pembelajaran di KB Sejahtera 1 akan mudah dipahami oleh anak dan bisa diterapkan. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Metode kuantitatif eksperimen desain pre-eksperimen dan one group pretest-posttest design yang merupakan penyelidikan tanpa ada kelas pembanding atau control jadi, hanya menggunakan kelas eksperimen saja sebagai penelitiannya. Sampel pada penelitian ini adalah anak KB Sejahtera 1 Kecamatan Tuban, sejumlah 13 anak. Point pengumpulan data meliputi observasi dan cek list. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dari hasil yang dihitung melalui spss dengan cara membandingkan perhitungan rata- rata nilai observasi awal dan observasi akhir dengan nilai 0,034 < 0,175 maka, rata-rata nilai observasi akhir (sesudah perlakuan) lebih tinggi dan dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh dalam kefokusan anak. Uji anggapan dasar/hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t-test yang memperoleh hasil signifikan = 0,000 < 0,005 dan thitung > ttabel dengan nilai 4,536 > 2,831, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Pada analisis independent sample test yang terlihat signifikansi 2 arah (t-tailed) 0,000 dan thitung > ttabel dengan nilai 4,536 > 2,831, maka terdapat pengaruh permainan papan titian terhadap keseimbangan tubuh anak karena Ho ditolak dan Ha diterima.
References
Alamsyah, W. N. C., Sukamti, E. R., & Kurniawan, F. (2021). Pengembangan rocking bike untuk mengoptimalkan keseimbangan tubuh pada anak usia dini. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 17(2), 130–141.
Anggraini, M. P., & Dwi, D. (2022). Perkembangan fisik motorik kasar anak usia dini. CV Kreator Cerdas Indonesia.
Azizah, F. N., & Adhe, K. R. (2019). Pengaruh Papan Titian Modifikasi Terhadap Keseimbangan Gerak Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 8(03), 1–6.
Efendi, D. I. (n.d.). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini.
Ekayati, I. A. S. (2015). Pengaruh permainan tradisional “gobag sodor” terhadap kecerdasan intrapersonal dan interpersonal pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 2–8.
Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas, 4(1), 52–64.
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Kurniati, A. (2021). Stimulasi Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Papan Titian. Asghar: Journal of Children Studies, 1(1), 11–21.
Mukhlisa, N., & Kurnia, S. D. (2021). Penerapan Permainan Papan Titian dalam Mengembangkan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 2(1), 65–75.
Permata, R. D., & Nugrahani, R. (n.d.). Implementasi kemampuan berpikir simbolik melalui penggunaan media flannel board pada anak usia 5-6 tahun.
Prabandari, N. I., & DINI, P. I. A. U. (2019). Pengaruh Kegiatan Fisik Motorik Berjalan Di Atas Papan Titian Terhadap Keseimbangan Tubuh Anak Kelompok A Di Tk Kuntum Surabaya. Αγαη, 8(5), 55.
Rahman, K. I., & Khadijah, K. (2023). Optimalisasi Perkembangan Fisik Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 429–437.
Ramlah, F., Mukminin, A., & Jannah, S. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik dan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 259–271.
Rohmani, N. (2020). Analisis angka partisipasi kasar pendidikan anak usia dini (PAUD) di seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 625.
Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58.