PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK PINTAR BERBASIS LITERASI (KAPIBARA) KELAS IV UPT SD NEGERI BOGOREJO

Authors

  • Fitri Ayu Pramudita Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Seftia Rakhma Widiyanti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media pembelajaran, kotak pintar, ADDIE

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kepraktisan, keefektifan, dan validitas proses pengembangan media. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dan produk akhirnya adalah media pembelajaran kotak pintar berbasis literasi (KAPIBARA). Siswa UPT SD Negeri Bogorejo Tuban kelas IV dijadikan sebagai subjek penelitian. Tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi terdiri dari tahapan model ADDIE. Lembar observasi, wawancara, validasi, angket dengan jawaban guru dan siswa, serta penilaian kemampuan semuanya digunakan dalam proses pengumpulan data. Hasil validasi menunjukkan Media Smart Box Berbasis Literasi memperoleh skor 97,5% dengan kategori sangat valid. Validasi materi memperoleh skor 91% dengan klasifikasi sangat valid, dan validasi ahli bahasa memperoleh skor 96% dengan kategorisasi sangat valid. Skor rata-rata sebesar 85,29% pada tes N-Gain Score yang mengukur efektivitas dianggap sangat efektif. Dari segi kepraktisan, 92,5% jawaban instruktur masuk dalam kategori sangat praktis, sedangkan 95,5% jawaban siswa masuk dalam kategori sama. Asumsi bahwa Kotak Pintar Berbasis Literasi merupakan alat yang sah dan praktis dalam kegiatan belajar mengajar didukung oleh temuan penelitian ini.

References

Daud, R. M. (2023). Penggunaan Media Power Point Interaktif DalamPembelajaran Di Sekolah Suatu KeniscayaanDi Era Digital. Fitrah, 5(1), 63–83.

Fais, M. Z., Listyarini, I., & Nashir Tsalatsa, A. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26.

Firda, H., & Nurhadi, D. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Sendidri Peserta Didik SMA Negeri Kabupaten Mojokerto. Jurnal Hikari, 7(1), 14–26.

Gusmanti, V., Herman, H., & Mardiana, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Matematika Permulaan melalui Permaian Kotak Pintar dengan Media Tutup Botol di TK Ananda Kota Payakumbuh Sumatera Barat. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 77-83.

Harnanto, S. (2016). Alat Peraga Kotak Belajar Ajaib (Kobela) Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 33.

Hasanah, L. U., Priyanti, N. Y., & Yuntina, L. (2024). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Kotak Pintar Pada Kelompok A di TK Dahlia Tanjung Priok. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(3), 715-721.

Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63.

Ika, N. A., & Wiratsiwi, W. (2022). Pengembangan komik digital berbasis pendidikan karakter menggunakan aplikasi web pixton untuk siswa kelas Vi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 269–273.

Isdayanti, I., Wicaksono, A. T., & Rahmawati, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Worksheet Materi Asam Basa Berbasis Kearifan Lokal terhadap Hasil Belajar Siswa. Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal, 1(2), 74–81.

Putri, E. S., Guntur, M., & Hasis, P. K. (2024). Pengembangan Media Kotak Pintar Menggunakan Bahan Bekas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(2), 79-93.

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain dengan media kotak pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 11-18.

Sari, N., Jayanti, & Suryani, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tife Stad Berbantuan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sd. Jurnal Sekolah, 7(4), 678–685.

Downloads

Published

2024-11-19