PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO KARTAN (KARTUN ANIMASI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MACAM-MACAM PAKAIAN ADAT INDONESIA UNTUK KELAS I SDN SUDAN
Keywords:
media, video, KARTAN, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dikembangkan berdasarkan observasi siswa Kelas I SDN Sudan yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep PPKn yang mengacu pada jenis-jenis pakaian adat. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan proses pengembangan KARTAN, keefektifan KARTAN, kepraktisan KARTAN, dan keefektifan KARTAN pada berbagai pakaian tradisional Indonesia. Penciptaan media pembelajaran KARTAN diwujudkan melalui pengembangan teknik penelitian dengan metodologi ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah para ahli, guru, dan siswa kelas I SDN Sudan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, verifikasi ahli, dan formulir tes siswa. Dalam penelitian ini, analisis data digunakan untuk memperhatikan validitas, efektivitas, dan kepraktisan. Hasil penelitian dirangkum sebagai berikut: (1) Proses pengembangan KARTAN dilakukan melalui perencanaan, pengumpulan referensi, instrumen lembar validasi (ahli bahasa, ahli materi dan media), lembar jawaban guru dan siswa, serta lembar tes siswa; (2) Kevalidan proses pengembangan KARTAN berdasarkan penilaian validator adalah kevalidan media 94%, kevalidan materi 92% dan kevalidan bahasa 93,3%; (3) Kepraktisan media KARTAN diperoleh respon guru sebanyak 100% dan 98,1% untuk respon siswa; (4) Keefektifan KARTAN ditunjukkan dengan peningkatan capaian dari hanya 8 siswa menjadi 23 siswa yang mampu memperoleh nilai di atas dari KKTP penggunaan media KARTAN efektif, karena berdasarkan hasil tes siswa diperoleh persentase sebesar 85%.
References
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Di Bondowoso Dengan Model ADDIE Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19–23.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.
Dimyati, & Mudjiono. (2020). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten : CV. Tahta Media Group.
Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33.
Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas Xi SMAN 3 Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 37–50.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939.
Nasution, S. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3820–3828
Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air Dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120.
Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience. Bhineka Tunggal Ika, 7(1), 34–46.
Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357.
Precillia, M. (2022). Fungsi Pakaian Adat Depati Dan Ninik Mamak Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh. Jurnal Cerano Seni: Pengkajian Dan Penciptaan Seni Pertunjukan, 1(1), 26–40.
Sakti, B. P. (2020). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 74. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.632
Septiasari, E. A., & Sumaryanti, S. (2022). Pengembangan Tes Kebugaran Jasmani Untuk Anak Tunanetra Menggunakan Modifikasi Harvard Step Test Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 55–64.
Sudjana, N. (2020). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.