KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA PULAU BAWEAN DALAM MENARIK WISATAWAN

Authors

  • Hasanul Bulqiyah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Denny Fahrian Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

komunikasi, pariwisata, pemasaran, wisatawan, Pulau Bawean

Abstract

Saat ini, pariwisata menjadi industri yang memiliki peluang dalam menyumbangkan devisa negara. Setiap daerah di Indonesia memiliki potensi masing-masing untuk dikembangkan menjadi ciri khas yang bergerak di sektor pariwisata. Pulau Bawean Kabupaten Gresik, memiliki aneka ragam jenis pariwisata yang mampu menarik wisatawan. Namun, kurangnya layanan pariwisata oleh pemerintah daerah kabupaten menghambat pertumbuhan pariwisata di Pulau Bawean. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi pemasaran pariwisata pulau Bawean yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik dalam menarik wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan metode pengambilan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yakni Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Ekonmi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gresik sebagai informan utama, dan Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Bawean sebagai tokoh masyarakat pada informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Gresik terus melakukan upaya dalam membranding pariwisata Bawean dalam berbagai event, hingga perumusan strategi pembangunan daerah. Walau demikian, fasilitas sarana dan prasana dalam mendukung pariwisata di pulau Bawean terbilang sangat minim, bahkan ada beberapa di objek pariwisata tidak ditemukan sama sekali.

References

Aesthetika, N. M. (2012). Strategi promosi wisata Pulau Bawean melalui event Festival Molod Bawean. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 39–52. https://doi.org/10.21070/kanal.v1i1.328

Arfiyan, R., & Huda, A. M. (2020). City branding Sail to Indonesia 2019 di Pulau Bawean sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Source: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 250–258. https://doi.org/10.35308/source.v6i2.2387

Bulqiyah, H. (2017). Implementasi kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Gresik dalam mewujudkan Pulau Bawean sebagai pulau pariwisata di Kabupaten Gresik (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang).

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Gresik. (2024). Workshop pembuatan konten video dalam rangka promosi pariwisata Kabupaten Gresik 2024. https://disparekrafbudpora.gresikkab.go.id/detailpost/workshop-pembuatan-konten-video-dalam-rangka-promosi-pariwisata-kabupaten-gresik-2024

Hamim, J., & Sudaryanto, E. (2017). Model strategi komunikasi jenama untuk mempromosikan objek wisata alam di Pulau Bawean Gresik Jawa Timur Indonesia. Prosiding International Conference on Media Studies.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2024). Statistik wisatawan mancanegara. https://kemenparekraf.go.id/statistik-wisatawan-mancanegara/statistik-kunjungan-wisatawan-mancanegara-bulan-januari-2023

M. Rahardjo. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif.

Masbuh, A. (2012). Perancangan media promosi Pulau Bawean sebagai tempat tujuan utama pariwisata alam Kabupaten Gresik (Skripsi, STIKOM Surabaya).

Nadlir, D., dkk. (2022). Analisis pengembangan objek wisata penangkaran rusa Bawean Desa Pudakit Timur, Sangkapura, Gresik. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(10), 3931–3943. https://doi.org/10.31604/jips.v9i10.2022.3931-3943

Nawangsari, E. R., & Rahmatin, L. S. (2021). Tantangan dan peluang pariwisata berbasis masyarakat di Desa Tamansari dalam era normal baru. Jurnal Masyarakat Indonesia, 47(1), 91–104. https://doi.org/10.14203/jmi.v47i1.944

Rizal, A., Hariyanto, W., Putra, B. I., Mashudi, J., & Johan. (2016). Pengelolaan pemasaran wisata pulau kecil dalam rangka peningkatan wisatawan domestik dan internasional di Pulau Bawean Gresik. Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis.

Satvikadewi, A. A. I. P., & Hamim. (2018). Strategi komunikasi untuk mempromosikan dan meningkatkan potensi lokal wisata Pulau Bawean. Representamen: Jurnal Komunikasi Indonesia, 4(2), 79–91. https://doi.org/10.30996/representamen.v4i02.1809

Sitepu, E., & Sabrin. (2020). Strategi komunikasi pariwisata dalam meningkatkan minat berwisata di Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 28–44.

Subandi. (2011). Qualitative description as one method in performing arts study. Harmonia, 19, 173–179.

Sulthan, M. (2017). Komunikasi pemasaran pariwisata Kabupaten Purbalingga (Studi pada analisis komunikasi pariwisata berbasis digital). Prosiding Seminar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Downloads

Published

2024-12-14