PENGEMBANGAN KARTU KUARTET EDUKATIF (MEDIA KARTEDU) UNTUK PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD
Keywords:
R&D, ADDIE, IPASAbstract
Kartu Kuartet Edukatif (KARTEDU) dikembangkan untuk pembelajaran IPAS kelas V materi produk unggulan daerah di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan R&D dengan model ADDIE. Proses pengembangan yang dilakukan peneliti adalah validasi para ahli, tes evaluasi murid, dan kuisioner guru serta murid. Hasil yang didapat dari validasi ahli media didapat persentase sebesar 94%, validasi materi didapat persentase sebesar 92%, validasi ahli bahasa didapat persentase sebesar 90%. Sementara hasil kuisioner guru didapat persentase sebesar 93% dan hasil kuisioner murid didapat persentase sebesar 83%. Sedangkan hasil tes evaluasi murid mendapat persentase sebesar 88%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media KARTEDU valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pelajaran IPAS dan dapat meningkatkan prestasi belajar murid.
References
Ananda, R. & Rohman, M. F. (2023). Belajar dan Pembelajaran. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/22169/1/Belajar dan Pembelajaran_Ebook-1.pdf
Choliq, A. (2020). Memaknai Kembali Kearifan Lokal Dalam Kehidupan Sehari-hari. Retrieved March 29, 2024, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-suluttenggomalut/baca-artikel/13057/Memaknai-Kembali-Kearifan-Lokal-Dalam-Kehidupan-Sehari-hari.html
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Giwangsa, S. F., Pendidikan, P., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., Pendidikan, U., Giwangsa, S. F., … Pendidikan, U. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar, 8, 40–48. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992
Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran. Retrieved from https://eprints.unm.ac.id/20720/1/Media Pembelajaran 2.pdf
Irkham, M. K. (2023). Upaya Peningkatan Pemahaman Sejarah Kedatangan Bangsa Eropa Di Indonesia Melalui Media Game Pada Murid Kelas V Sdn Tlekung 01 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(2), 1082–1106. Retrieved from https://jurnal.widyahumaniora.org/
Leni Marlina & Sholehun. (2021). 1 , 2, 1,2. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 66–74.
Nurmalasari, L., Akhbar, M. T., & Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Media Kartu Hewan dan Tumbuhan (TUHETU) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 1–8. Retrieved from http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Samsiyah, S. & Hermansyah, A. K. (2021). Efektivitas kartu kuartet terhadap kemampuan pemahaman murid pada mata pelajaran ips kelas iv. Jurnal Holistika, 119–126.
Sulastri, H. M., & Saleh, Y. T. (2020). Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Murid dalam Pelajaran Bahasa Indonesia, 4, 486–492.
Syavira, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Murid Kelas V Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039
Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada PembelaJaran Matematika Materi Satuan Panjang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, 3(3), 955–961. Retrieved from https://osf.io/qt4mv