ANALISIS MEDIA PERMAINAN KINCIR MAGIC TERHADAP PERKEMBANGAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK KELOMPOK B DI RA MUSLIMAT NU 03 AL-MUSTHOFAWIYYAH

Authors

  • Fajar Ulfa Nur Qamariah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Kincir Magic, Berpikir Simbolik, Anak Kelompok B

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan bertujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak usia 0-6 tahun secara menyeluruh dan atau menekankan kepada perkembangan seluruh aspek kepribadian anak. Seiring pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan dan perlu dicapai dikarenakan mengacu pada bagaimana anak-anak berpikir, mengeksplorasi, mencari tahu dan memecahkan masalah, salah satu perkembangan yang perlu dikembangkan yakni berfikir simbolik. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh media permainan Kincir Magic terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia dini dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif Quasi Exsperimental Design (Eksperimen Semu).  Instrument penelitian ini yaitu menggunakan  pretest dengan hasil 8,09 dan posttest dengan hasil 9,68. Kemudian data dianalisis dengan beberapa macam uji statistik meliputi uji normalitas data, uji reliabilitas, uji validitas, uji homogenitas, dan uji t. Media Kincir Magic berpengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia dini di RA Muslimat NU 03 Al-Musthofawiyyah, hal ini berdasarkan data hasil uji hipotesis yang diperoleh data thitung sebesar 2,948 sedangkan ttabel sebesar 2,074, berdasarkan perbandingan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,948 > 2,074) yang berarti ha diterima dan h0 ditolak. Dan berdasarkan nilai signifikansi (2-tailed) yang diperoleh dalam uji analisis independent sample test sebesar 0,005 < 0,05 yang berarti ha diterima dan h0 ditolak. Dan berdasarkan hasil uji hipotesis diatas, maka dapat disimpulkan bahwa analisis data pada media permainan Kincir Magic berpengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia dini di RA Muslimat NU 03 Al-Musthofawiyyah.

References

Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini kelompok A (4-5 tahun) dengan media pembelajaran lesung angka. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 354.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37-50.

Collins, M. A. & Laski, E. V. (2019). Digging deeper: shared deep structures of early literacy and mathematics involve symbolic mapping and relational reasoning. Early Childhood Research Quartely, (46), 201-212.

Delfia, E., dan Mayar, F. (2020). Penanaman Konsep Berhitung Anak Melalui Permainan Pencocokan Kepingan Buah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):338–50. doi: DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.350.

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui pembelajaran sains. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133-140.

Hani. (2022). Efektivitas Pembelajaran Kincir Pintar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Di MIN 03 Rejang Lebong. Skripsi. Fakultas Tarbiyah. Universitas IAIN Curup.

Harnanto, S. (2016). Alat Peraga Kotak Belajar Ajaib (Kobela) Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Dasar. UNISULA. 3(1):33-42.

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia). 1(2), 25–29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262

Hendriati, A., dan Santoso, S. (2021). Identifikasi Kontributor Pengembagan Kognitif Anak Prasekolah: Guru, Teman, Lingkungan Fisik Sekolah?. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1269–81. doi: DOI: 10.31004/ obsesi.v5i2.757.

Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Perdana Publishing. Medan. ISBN 978-602-6970-78-7.

Nursyamsiah, H., Cendana, T. P., Rohaeti, E. E., & Alam, S. K. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI PADA USIA 5 –6 TAHUN. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 286-294.

Permata, D., dan Nugrahani, R. (2020). Implementasi Kemampuan Berfikir Simbolik Melalui Penggunaan Media Flanel Board Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Untidar 1(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung. ISBN:978-602-289-533-6.

Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini: stimulasi & aspek perkembangan anak. Prenada Media.

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Veronica, N. (2018). Permainan edukatif dan perkembangan kognitif anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49-55.

Downloads

Published

2024-10-31