PENGARUH GAYA HIDUP, CITRA MEREK, STORE ATMOSPHERE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MCDONALD’S PURWOKERTO

Authors

  • Diyan Rahmadhani Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Tri Esti Masita Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Wisnu Wijayanto Universitas Wijayakusuma Purwokerto

Keywords:

Keputusan Pembelian, gaya hidup, citra merek, store atmopshere, word of mouth

Abstract

Gaya hidup, citra merek, store atmosphere, dan word of mouth adalah beberapa komponen yang diteliti dalam penelitian ini. Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang signifikan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk McDonald's di Purwokerto. Konsumen yang membeli McDonald's di kota Purwokerto adalah populasi yang menjadi target penelitian ini. Sampling snowball digunakan untuk mengumpulkan 110 responden. Melalui analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 25, dicapai persamaan regresi Y = 3,012 + 0,133 X1 + 0,155 X2 + 0,071 X3 + 0,758 X4 + e. Nilai R Square sebesar 73,2% artinya variasi pengaruh variabel independent terhadap dependen, sedangkan sisanya, sebesar 26,8%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar lingkup penelitian ini. Hasil dari Uji F adalah Fhitung > Ftabel (71,683 > 2,46), sehingga model dinyatakan memenuhi goodness of fit. Berdasarkan hasil uji t variabel gaya hidup nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,402 > 1,982) dengan signifikan (0,016 < 0,05), variabel citra merek nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,551 > 1,982) dengan signifikan (0,012 < 0,05), variabel store atmosphere nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,234 > 1,982) dengan signifikan (0,022 < 0,05), variabel word of mouth nilai thitung lebih besar dari ttabel (14,455 > 1,982) dengan signifikan (0,000 < 0,05). Sehingga semua hipotesis penelitian ini diterima. Artinya secara parsial variabel gaya hidup, citra merek, store atmosphere dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian McDonald’s Purwokerto.

Downloads

Published

2024-10-02