ANALISIS KEMAMPUAN BERIKIR LOGIS ANAK KELOMPOK B DI TK PAMARDHI SIWI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Halimatus Sa'diyah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

kemampuan berpikir logis, anak kelompok B, bentuk geometri

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir logis anak dalam indikator mengklasifikasikan 4 bentuk geometri (persegi, segitiga, lingkaran dan segilima) kedalam kelompok yang sama, mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk geometri (persegi, segitiga, lingkaran dan segilima) dan mengenal pola ABCD-ABCD pada anak kelompok B di TK Pamardhi Siwi pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. 20 anak dari kelompok B TK Pamardhi Siwi adalah subjek penelitian ini. Observasi dan dokumentasi digunakan dalam pengumpulan data. Analisis statistik deskriptif dipergunakan dalam melakukan analisis data penelitian. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan berpikir logis anak di TK Pamardhi Siwi termasuk dalam persentase cukup yaitu sebesar 48,44%. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian tiga indikator kemampuan berpikir logis, yaitu mengklasifikasikan 4 bentuk geometri (persegi, segitiga, lingkaran dan segilima) kedalam kelompok yang sama ( 61,25%), mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk geometri (persegi, segitiga, lingkaran dan segilima) (67,50%), dan mengenal pola ABCD-ABCD (65,00%).

References

Asih, S. D. (2021). Pengaruh Bermain Puzzle Bahan Losse Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini. Tuban.

Hasanah, U. (2023). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Berfikir Logis Anak di TK Bungong Keumala Aceh Besar. Banda Aceh.

Isro’atin, L., & Fitri, R. (2023). Permainan Papan Kantong Pola sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 624–632.

Ma’arif, N. N., & Ummah, F. M. (2023). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini: Studi Pengembangan Media Permainan Snakes and Ladders Di Tk Oxford Puri School Pps Manyar Gresik. Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(1), 129–142. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v10i1.318

Maharani, P. A., & Novieazizah, E. (2021). Pengaruh Video Animasi Pembelajaran Jarak Jauh Montessori dalam buku Pendidikan Anak Prasekolah mengatakan tentang masa peka . Ini merupakan suatu teori yang sangat khas dari Montessori dan banyak. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 159–173. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.505

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640

Nurhabiba, F. D., Misdalina, & Tanzimah. (2023). Kemampuan Higher Order Thinking Skill (Hots) Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi SD 19 Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandir, 09(03), 410–421. https://doi.org/10.48175/ijarsct-13062

Poppyariyana, A. A., & Munajat, A. (2020). Pengaruh Permainan Sains Terhadap kemampuan Berpikir Logis Anak. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5779.g2912

Purnamasari, N. I., & Yusma, N. A. (2021). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Anak melalui Kegiatan Bermain Warna. Journal of Early Childhood Education Studies, 1(2), 37–71. https://doi.org/10.54180/joeces.2021.1.2.37-71

Rewita, S., & Salmaninawati. (2022). Konsep Dan Karakteristik Filsafat. Journal of Social Research, 1(4), 755–761. https://doi.org/10.55324/josr.v1i4.74

Rosiqoh, D. L., Aristia, I., & Ekayati, S. (2020). Penerapan Media Quiet Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membilang 1-10. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 162–165.

Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1561.

Sriningsih, N. N., Ketut Ardana, I., Tirtayani, L. A., Pendidikan, J., Anak, P., Dini, U., … Dasar, S. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Kelompok B PAUD Kumara Asri, Denpasar, 6(1), 95–104. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15177

Tosepu, Y. A. (2018). Mari Budayakan Berpikir Logis, Kritis, dan kreatif.

Wijayanti, H. (2014). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola Besar Kelompok B Tk Al Hidayah Semawung Banjaroyo Kalibawang Kulonprogo.

Downloads

Published

2024-10-31