PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI ECOPRINT DI TK DHARMA WANITA MULYOREJO SINGGAHAN

Authors

  • Sintya Ardita Kusumawati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Model pembelajaran PJBL, kreativitas, ecoprint

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pengaruh model pembelajaran PJBL terhadap kreativitas peserta didik melalui ecoprint di TK Dharma Wanita Mulyorejo. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik penelitian true eksperimental design dengan bentuk penelitian poretest posttest control group design. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 anak dengan rincian 20 anak kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data nya melalui lembar observasi dan dokumentasi. Dengan uji instrument berupa uji validitas, uji realibilitas dan uji normalitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t). Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran PJBL terhadapa kreativitas peserta didik melalui ecoprint di TK Dharma Wanita Mulyorejo. Sebagaimana perolehan nilai skor rata-rata pada kelompok eksperimen ketika pre-test sebesar 17,7 dan ketika post-test sebesar 27. Sedangkan pada kelas kontrol pada saat pre-test nilai rata- rata sebesar 16,7 dan ketika post-test sebesar 16,9. Sehingga terdapat peningkatan hasil rata- rata skor kreativitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

References

Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.

Harli Annisa, dkk. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Menggunakan Media Bahan Alam Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10 No. 01.

M. Fadlillah, D. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ningsih, R., Bachtiar, M. Y., & Indrawati. (2022). Meningkatkan Kreativitas Membuat Karya Seni pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Project Based Learning TK Kurnia Simomulyo Baru Surabaya Jawa Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 304–309.

Rapiatunnisa, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 17–26. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.423

Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547

Sudjiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Vidya Kharishma, & Ulfa Septiana. (2020). Vidya Kharishma PELATIHAN TEKNIK ECOPRINT UNTUK GURU PAUD. Prosiding: Seni, Teknologi, Dan Masyarakat, 2, 183–187. https://doi.org/10.33153/semhas.v2i0.119

Wulandari, F. . (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Ketrampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257

Yeni Rachmawati dan Euis Kurniati. (2014). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2024-10-29