PENGEMBANGAN MEDIA MULTIPLICATION BOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN I SENDANGMULYO

Authors

  • Lailatul Syafa'ah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media, Multiplication Board, Hasil Belajar

Abstract

Siswa sekolah dasar menghadapi tantangan dalam mata pelajaran matematika. Perkalian adalah salah satu materi yang merepotkan. Hal ini sesuai dengan pertemuan dan persepsi Ibu yang diarahkan di kelas II SDN 1 Sendangmulyo. Sri Puji Lestari, 14 siswa mendapat nilai di bawah KKM pada tugas perkalian, sedangkan tujuh siswa mendapat nilai lebih tinggi dari KKM. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang mampu menangkap materi pertambahan angka. Perkalian matematika dapat diajarkan dengan menggunakan papan perkalian sebagai alat pembelajaran. Hal ini meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika karena menarik dan memperluas cakupan pengajaran. Penelitian ini diharapkan menghasilkan media pembelajaran untuk papan perkalian yang sah, memadai, dan masuk akal. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE. Subyeknya adalah ahli, guru, dan siswa kelas II SDN 1 Sendangmulyo. Wawancara, observasi, validasi ahli, tes siswa, dan angket respons guru dan siswa adalah beberapa cara data dikumpulkan.Penelitian ini menggunakan analisis data untuk validitas, efisiensi, dan praktikalitas. Fakta bahwa 82% indikator validitas berasal dari ahli media dan 96% berasal dari ahli materi menunjukkan bahwa indikator tersebut sangat valid. Indikator efektivitas dinilai sangat efektif dengan skor sebesar 91%. Dinilai sangat praktis dengan nilai uji praktikalitas sebesar 97,7%. Dapat disimpulkan bahwa produksi media Papan Perkalian dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang mempelajari materi perkalian.

References

Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77–89.

Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47.

Arikunto, S. (2010). prosedur penelitian, jakarta: Rineka Cipta. Syarifudin, Y.(2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran scrapbook materi karangan deskripsi mata pelajaran bahasa indonesia kelas III sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Febrianingrum, L. (2022). Peran Media Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 2(2), 277–284.

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun instrumen penelitian & uji validitas-reliabilitas. Health Books Publishing.

Naimah, S. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Materi Kecepatan dan Debit untu Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Oktiana, G. D. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis android Dalam bentuk buku saku digital untuk mata pelajaran Akuntansi kompetensi dasar membuat ikhtisar siklus Akuntansi perusahaan jasa di kelas xi man 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Skripsi Tidak Diterbitkan (Online). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramadhan, N. R., & Hamid, R. J. (2023). Media Pembelajaran Papan Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Bontobila. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 138–146.

Roliza, E., Ramadhona, R., & Rosmery, L. (2018). Praktikalitas lembar kerja siswa pada pembelajaran matematika materi statistika. Jurnal Gantang, 3(1), 41–45.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D) untuk Bidang Pendidikan Manajemen Sosial Teknik. Bandung: Alfabeta.

Syarifah, L., Iis, H., & Shoffa, S. (2021). Meta analisis: Model pembelajaran project based learning. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 14(2), 256–272.

Utami, U. B., Purnamasari, V., & Supandi, S. (2017). Keefektifan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 4 Sidodadi. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 7(1).

Downloads

Published

2024-10-29