PENGEMBANGAN MEDIA PU-SIRAGAMA (POP-UP BOOK SIMBOL KERAGAMAN AGAMA) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS 2 UPT SDN DOROMUKTI TUBAN

Authors

  • Rofiqoh Rofiqoh Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sumadi Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Media Pembelajaran, Pop-Up Book

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa PU-SIRAGAMA (Pop-Up Book Simbol Keragaman Agama) serta mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivas. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan yang dimaksudkan untuk melakukan pengembangan produk media untuk siswa kelas II di SDN Doromukti. Pengembangan ini mengikuti model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar validasi oleh ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi, selain itu juga terdapat angket respon serta siswa juga guru, dan tes untuk siswa. Teknik analisis datanya mencakup analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PU-SIRAGAMA telah melewati tahap validasi bahasa dengan hasil 85% yang dikategorikan sebagai sangat valid. Validasi materi mencapai presentase 95,4%, dan validasi media mencapai presentase 93%, keduanya dikategorikan sebagai sangat valid. Uji kepraktisan oleh guru mendapatkan hasil 98% yang dapat dikategorikan sebagai sangat praktis. Efektivitas media PU-SIRAGAMA dinyatakan sebesar 92,3%, menunjukkan bahwa media ini efektif. Dengan demikian, media PU-SIRAGAMA telah terbukti valid, praktis, serta efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila melalui keteladanan dan pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 6(1), 1–10.

Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1941–1946.

Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran guru dalam gerakan literasi di sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19–25.

Ghany, H. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Sekolah Dasar. Madaniyah, 8(2), 186–198.

Hanjowo, M. D. F. F., Athahirah, N., Saputra, R. F., Al-Farisi, S., & Rozaq, R. W. A. (2023). Peran Pendidikan Indonesia di Era Society 5.0. Etnik: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 2(5), 423–428.

Hasan, M., Khasanah, B. A., Patriyani, R. E. H., Hidayati, H. T., Ridha, Z., Umami, R., Rahmah, N., Astuti, R., Harahap, T. K., & Mulati, T. S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN. Penerbit Tahta Media.

Juhji, J. (2016). Peran urgen guru dalam pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 10(01), 51–62.

Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22.

Maulansyah, R., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran guru dalam peningkatan mutu pendidikan: Penting dan genting! Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 31–35.

Nurmala, A. I., & Wiratsiwi, W. (2022). Pengembangan komik digital berbasis pendidikan karakter menggunakan aplikasi web pixton untuk siswa kelas Vi. Prosiding SNasPPM, 7(1), 269–273.

Pamungkas, B. Z. D., & Wiratsiwi, W. (2022). Pengembangan Media Mistery Box Berwawasan Karakter untuk Peserta Didik Kelas IV SD/MI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 280–288.

Sa’diyah, M. K., & Dewi, D. A. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9940–9945.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106.

Sangsurya, Y., Muazza, M., & Rahman, R. (2021). Perencanaan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sd Islam Mutiara Al Madan Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 766–778.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai model pengembangan media instruksional edukatif (MIE) mata kuliah kurikulum dan pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D) untuk Bidang Pendidikan Manajemen Sosial Teknik. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583.

Wiratama, N. A. (2021). Pengembangan Media Flashcard Pada Siswa Kelas IV SDN Bendo 2 Kota Blitar Subtema Hewan Dan Tumbuhan. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 509–516.

Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya perkembangan pendidikan di era modern. Prosiding Samasta.

Downloads

Published

2024-11-03