UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK SIFAT CAHAYA KELAS V DI SDN 1 KARANGHARJO

Authors

  • Nurkholis Setiawan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Seftia Rakhma Widiyanti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media, Kotak Sifat-Sifat Cahaya, Hasil Belajar

Abstract

Perencanaan dan pelaksanaan. Di antara data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah penerapan karakteristik media kotak cahaya kepada dua puluh siswa. Beberapa data yang diteliti antara lain aktivitas siswa, tujuan pembelajaran, dan karakteristik media light box. Wawancara, ujian hasil belajar, dan observasi partisipan merupakan alat pengumpulan data dalam penelitian ini. Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sifat-sifat media kotak cahaya, ketika diterapkan, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tingkat kelulusan pra-siklus sebesar 25% dan rata-rata 53% menunjukkan hal ini. Selain itu, siswa pada siklus pertama mencapai nilai rata-rata 78,5 (atau 100%) dan nilai rata-rata 66 (atau 55%). Dengan demikian, media pembelajaran ringan dapat diklaim mampu menaikan hasil belajar siswa.

References

Alapján-, V. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–467.

Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Efektivitas Media Canva terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Bakaran Wetan 03 Pati. 05(02), 5883–5891.

Jurnal Bab 3 Gladis. (n.d.).

Mamuaya, Nova Ch., B. I. M. (2023). “Бсп За България” Е Под Номер 1 В Бюлетината За Вота, Герб - С Номер 2, Пп-Дб - С Номер 12. Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah, 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100.

Mardalena, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 9 Duri Barat Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(April), 128–136.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rohani. (2020). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234.

Sulaiman, Gani, W. (2023). 1* , 2 , 3. 09, 4343–4353.

Wongso, F. (2016). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Yusri, A. Z. dan D. (2020). 済無No Title No Title No Title. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Nomor 2).

Downloads

Published

2024-10-02