PELATIHAN MANAJEMEN SATUAN PAUD
Keywords:
pelatihan, manajemen, satuan PAUDAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penguatan kepada satuan dalam melaksanakan manajemen satuan PAUD yang ada di kecamatan Tuban. Hal ini didasarkan pada permasalahan bahwa adanya berbagai bentuk kebijakan nasional yang telah mendorong pemerintah untuk menyusun berbagai program yang terkait Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia, dan tersusunlah 8 standar PAUD yang menjadi unsur-unsur pokok penyelenggaraan satuan PAUD. Standar tersebut seharusnya telah dilaksanakan oleh masing-masing satuan PAUD untuk menciptakan kualitas pendidikan anak usia dini yang professional. Namun, realita masih banyak lembaga yang belum menerapkan ataupun menyusun delapan standar PAUD tersebut dengan baik. Hal inilah yang menjadi dasar perlunya diadakan pelatihan manajemen satuan PAUD sebagai standar pendirian dan pelaksanaan pendidikan satuan PAUD yang berkualitas yang dilaksanakan di PAUD Al-Uswah Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Solusi atas permasalahan yang dipecahkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah melakukan kegiatan pelatihan terkait standar pengelolaan PAUD untuk memberikan penguatan dalam manajemen satuan PAUD sebagai perwujudan satuan PAUD yang berkualitas. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan mengidentifikasikan kemampuan awal, memberikan penjelasan materi/teori, diskusi dan praktek. Selanjutnya, untuk kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 2 kali di PAUD Al-Uswah Kecamatan Tuban. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan secara kerjasama LPM Universitas PGRI Ronggolawe Tuban dengan satuan PAUD Al-Uswah Tuban. LPM Unirow dalam hal ini berperan selaku penyandang dana yang memfasilitasi pengabdi untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, sedangkan PAUD Al-Uswah Tuban sebagai mitra pengabdian masyarakat.
References
Amiruddin, A. (2019). Sekolah Unggul Mandiri: Mengonsep Pendidikan Murah Berkualitas. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 7(1), 29–42.
Anamara, M. G. V. (2014). Evaluasi program implementasi standar PAUD. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 301–314. file:///C:/Users/win10/Downloads/3594-Article Text-5832-1-10-20170830.pdf
Anggriani, F., Mangunwibawa, A., Koesoemawardhani, L., & Nasrudin. (2022). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas (1st ed.). Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Anifa, N. (n.d.). Analisis Pentingnya Manajemen Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Istiqomah, L. (2016). Tiga Pilar Kebijakan Pemerintah Dalam Pembinaan PAUD. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2), 2012–2016.
Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 (1st ed.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/tata-kelola/peraturan/permendikbud-146-tahun-2014-tentang-kurikulum-2013-paud?ref=MjAxNjA5MTYxMTIzMzgtN2M3ODg3YTk=&ix=MTctYTQ4ZmU5YTc=
Komalasari. (2022). PAUD Berkualitas : Gerakan Menjamin Mutu PAUD (1st ed.). Eureka Media Aksara.
Latif, M., Zubaidah, R., & Afandi, M. (2014). Orientasi baru pendidikan anak usia dini: teori dan aplikasi.
Maruntung. (2021). Tata Kelola Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.
Masykuroh, K. (2022). Pelatihan Manajemen Pengelolaan PAUD Aisyiyah Berkualitas di Provinsi Banten. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 792–799.
Nasional, D. P. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor, 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
pemerintah No, P. (n.d.). 137 tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Rohmat, R. (2017). Manajemen Pendidikan anak usia dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 12(2), 299–325.
Santoso, B. (2010). Skema dan mekanisme pelatihan: panduan penyelenggaraan pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia.
Simanjuntak, R., Elfrianto, E., Yusmidani, Y., & Saragih, V. (2023). Administrasi Tata Kelola dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2613–2619.
Trimuliani, I. (2021). PAUD Berkualitas. Paudpedia Kemendikbud. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/komunitas-pembelajar/guru-kreatif/paud-berkualitas?ref=MjAyMTA2MDgxMTE2NDMtMTQzMWJlZDk=&ix=Mi0yNzUzY2RjMw==
Yasa, I. M. A., & Agung, A. A. G. (2023). Kompetensi Mahasiswa Sarjana Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Mengelola Administrasi Pendidikan Anak Usia Dini. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(01), 9–18. http://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/PS/article/view/813/567