PENGEMBANGAN MEDIA SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA (SIPEDARMAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SIDOTENTREM II

Authors

  • Artika Yuan Pramudita Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Peredaran darah, IPA, Media, Pendidikan

Abstract

Pembelajaran IPA di SDN Sidotentrem 02 belum optimal dilakukan. Hasil beajar IPA siswa masih dibawah IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajara siswa menggunakan media sistem peredaran darah manusia. yaitu untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan utuk keefektifan media SIPERDARMAN berdasarkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidotentrem 02, Sumber data adalah siswa kelas V SDN Sidotentrem 02 sejumlah 12  orang siswa. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar berupa kemampuan praktikum dan hasil kognitif siswa kelas V SDN Sidotentrem 02 dengan menggunakan media sistem peredaran darah manusia. Hasil akhir menunjukkan sebanyak 100% siswa tuntas pada siklus ke II. Media sistem peredaran darah manusia juga dapat memberikan pengalaman yang nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri dikalangan siswa.

References

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi Guru tentang IPAS pada Kurikulum Merdeka. Jpgsd, 11(9), 1841–1854.

Anggraini, M., Yacob, F., & Hidayat, M. (2018). Desain Media Audio-Visual Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Tingkat SMP Di Kecamatan Sukamakmur Dan Kuta Malaka, Prosiding Seminar Nasional Biotik. ISBN: 978-602-60401-9-0. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 772–777.

Anita, T. (2019). Pengembangan Media Bongkar Pasang Tiga Dimensi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 07, 2685–2694.

Ardhi, S. (2022). Pengembangan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah Manusia dari Barang Bekas pada Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. Empiricism Journal, 3(2), 399–405. https://doi.org/10.36312/ej.v3i2.1167

Dianti, Y. (2017). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Hidayah, P., Untari, M. F. A., & Wardana, M. Y. S. (2018). Pengembangan Media Sepeda (Sistem Peredaran Darah) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(4), 306. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16109

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 522.

Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1297–1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289

Nisak, N. Z. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Biologi untuk Siswa SMA Ditinjau dari Tingkat Kesulitan Materi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Keaktifan Belajar Siswa. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 128. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.9629

Nisrina, S. H., Rokhmawati, R. I., & Afirianto, T. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Edu Komputika Journal, 8(2), 82–90. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.48451

Pendidikan, J., & Konseling, D. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. 4, 10755–10765.

Rochmiyatun, V., & Muhammad, P. S. (2021). Pengembangan Media Sidarman ( Sistem Peredaran Darah Manusia ) Pada Pembelajaran Ipa Kelas V. Awwaliyah, 7, 1–7.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Windasari, M., & Istianah, F. (2022). Pengembangan Media Cerita Pendek Model Pop Up Boardbook dalam Materi Sitem Peredaran Darah Pada Manusia di Kelas V SD. Jpgsd, 10, 695–708.

Downloads

Published

2024-10-02