PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS CERITA BERGAMBAR PADA MATERI BANGUN DATAR SD/MI

Authors

  • Mohammad Khiyaruddin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Buku Saku, Cerita Bergambar, Bangun Datar

Abstract

Pertumbuhan & perkembangan seseorang sangat dipengaruhi oleh pendidikannya, sehingga pendidikan yang bermutu tinggi sangatlah penting. Motivasi belajar siswa mempengaruhi mutu pendidikan. Akan tetapi, guru sering kali mengamati adanya penurunan motivasi belajar siswa di lapangan. Fakta bahwa mata pelajaran dianggap menantang dan materi ajar kurang menarik merupakan salah satu faktor yang menyebabkan menurunnya motivasi belajar. Demikian, diperlukan materi ajar yang kreatif dalam latihan pembelajaran matematika, khususnya soal cerita yang telah dijabarkan pada materi. Penelitian ini merupakan pengembangan pengembangan dengan mengambil model pengembangan Borg dan Nerve yang telah diubah menjadi 5 tahap. Siswa MI Matholi'ul Huda kelas IV berperan sebagai partisipan penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan, lembar wawancara, dan lembar jajak pendapat. Tiga orang ahli dan seorang guru berpartisipasi dalam proses validasi. Strategi analisis data digunakan untuk memutuskan keabsahan, kewajaran, dan kecukupan soal. Hasil yang diperoleh adalah 85% pada uji legitimasi, 83% didapat pada uji akal sehat dan lebih dari 75% mahasiswa telah menamatkan materi bentuk level.

References

Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat, 6(1), 80–88.

Arikunto, S. (2014). Prosdur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Berliner, D. C. (2005). The near impossibility of testing for teacher quality. Journal of Teacher Education, 56(3), 205–213. https://doi.org/10.1177/0022487105275904

Fajar, R. (2018). Pengembangan Buku Saku Digital Materi Bangun Datar. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Meikahani, R., & Kriswanto, E. S. (2015). Pengembangan Buku Pengenalan Pertolongan dan Perawatan Cedera. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(April), 15–22.

Nurgiyantoro, B. (2015). Sastra Anak Pengantar Pengalaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nuzula, E. F., & As’ari, A. R. (2017). Pengembangan Buku Saku Volume Kubus, Balok, dan Limas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMP. Universitas Negeri Malang, 5.

Pardede, E., Motlan, & Suyanti, R. D. (2016). Efek Model Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Kolaborasi dengan Media Flash Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Tinggi Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12–17.

Prastya, L. R. (2022). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd/Mi. Universitas Islam negeri Raden Intan lampung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar Dalam meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448.

Thoyyibah, L. R. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Dalam Menumbuhkan Literasi Peserta Didik Di RA AT-Thoyyibh Singogalih Tarik Sidoarjo. Universitasa Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Widiastuti, Y., Rifki, M., & Arief, N. F. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi Pada Materi Menulis Artikel Opini Untuk Siswa SMA. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua

Downloads

Published

2025-01-09