PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR BERBASIS GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II SDI SULTAN AGUNG
Keywords:
Pengembangan media papan pintar, berbasis game, kemampuan berhitung, perkalian kelas II SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengembangan media papan pintar perkalian yang efesien dan efektif juga mengetahui kesesuaian media papan pintar di pembelajaran matematika di materi perkalian Kelas II SDI Sultan Agung. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian (R&D) yang meliputi tahapan seperti menemukan masalah potensial, pengumpulan data, desain produk, verifikasi desain, revisi desain, dan pengujian produk. Hasil analisis angket ahli materi 94% sangat efektif, 94% ahli media sangat efektif, dan 88% ahli bahasa sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut maka media papan pintar sangat ideal digunakan pada pembelajaran matematika karena sangat efektif dalam penggunaannya. Tingkat survei angket untuk guru adalah 89% yang sangat praktis, dan tingkat survei angket untuk siswa adalah 94% yang sangat praktis, sehingga papan tulis pintar sangat cocok digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan tes pretest sesi pertama diperoleh rata-rata skor sebesar 60 poin, sedangkan rata-rata skor posttest sesi kedua sebesar 92 poin yang berarti bahwa kemampuan berhitung siswa telah meningkat, sehingga penggunaan media papan pintar dianggap "sangat efektif”. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, peneliti dapat menyarankan media papan pintar dapat digunakan sebagai alat pembelajaran di sekolah dan perlu dikembangkan lebih lanjut untuk menghasilkan produk yang lebih baik dan inventif.
References
Arman, Fajriah, N., & Wiranda, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII Dengan Model Problem Based Learning. Computer Science Education Journal (CSEJ), Vol 1(No 1), 60–70.
Bopo, G., Ngura, E. T., & Fono, Y. M. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI DENGAN MEDIA PAPAN PINTAR BERHITUNG PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN. 10, 468–480.
Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270
Keislaman, K. (2022). The Concept of Research in Education. Routledge Library Editions: Philosophy of Education: 21 Volume Set, 21(1989), 137–153. https://doi.org/10.4324/9780367352035-10
Midya Yuli Amreta, & Ani Safa’ah. (2021). Pengaruh Media PAPINKA terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 21–28. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.192
Romlah, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Jurnal Ilmiah Potensial, 1(2), 72–77.
Sholeh, A., Cacik, S., Sari, M. P., & Diputra, G. (2022). Pengembangan Media (Pakapin) Papan Kantong Pintar Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary School Journal, 1(1), 23–32.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai model pengembangan media instruksional edukatif (MIE) mata kuliah kurikulum dan pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2).
Trisari, M. N., & Suprayitno. (2023). Pengembangan Media Kotak Misteri Dalam Pembelajaran IPS Materi Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(4), 890–902.
Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105
Zaenal Fais, M., Listyarini, I., & Nashir Tsalatsa, A. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17097
Zuschaiya, D., Wari, E., Agustina, Y., & Lailiyah, S. (2021). Pengaruh kesiapan belajar dan kemampuan berhitung terhadap hasil belajar Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 517–528. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.517-528