PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL LERAN KULON
Keywords:
Anak Usia Dini, Literasi, Buku CeritaAbstract
Faktor lingkungan ialah salah satu penyebab masalah perkembangan bahasa anak. Ketika anak-anak bermain dengan perangkat elektronik lebih sering daripada bermain dengan teman-temannya, ini berdampak pada tingkat literasi mereka. Anak-anak yang sering bermain dengan perangkat elektronik biasanya memiliki literasi yang baik. Namun, jika anak-anak tidak diawasi dengan baik, mereka dapat melihat kartun hewan yang tidak berbicara atau menggunakan bahasa isyarat yang sulit dipahami, yang dapat menyebabkan penundaan bicara. Selain itu, masalah fonologis adalah masalah lain yang sering dihadapi anak usia dini. Menonton kartun hewan tanpa komunikasi atau menggunakan bahasa isyarat yang sulit dipahami dapat menyebabkan penundaan bicara. Masalah fonologis juga merupakan masalah yang sering dihadapi oleh anak usia dini. Anak sangat tertarik pada hal hal baru dan dan berbeda yang dapat menarik salah satu cara mengembangkan literasi anak usia dini dengan membuat buku cerita atau. merupakan buku yang di kemas semenarik mungkin berbeda dengan buku biasanya. Dengan adanya permasalahan tersebut maka peneliti mengambil judul pengembangan media buku cerita untuk mengembangkan literasi anak usia dini kelompok A di TK Aisyiyah bustanul athfal Leran kulon. Hasil analisi validasi dari ahli materi bawah media buku cerita menghasilkan rata-rata 82,7%, yang menunjukkan bahwa media buku cerita menerima persentase rata-rata 73,5%, yang menunjukkan bahwa media buku cerita sangat layak untuk digunakan sebagai sumber pendidikan. Namun, berdasarkan analisis validasi ahli media, media buku cerita menerima persentase rata-rata 71,7%, yang menunjukkan bahwa media buku cerita sangat layak untuk digunakan sebagai sumber pendidikan. Dengan demikian, media buku cerita mendapatkan nilai rata-rata 76,7%, yang menunjukkan kelayakan media buku cerita.
References
Abdul, K., Thaba, A., Bandung, A. B. T., & Nursaadah, S. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Metode Bercerita Berbantuan Buku Berseri pada Anak Kelompok B di TK Bina Ilmu Luwu Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6457–6471. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13389/10285
Aritonang, B. D., Citra, I. A., Putu, N., & Tirta, D. (2021). Peningkatan kemampuan literasi anak SD melalui metode bercerita. Seminar Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya (PEDALITRA I) Penguatan Literasi Melalui Pengajaran Bahasa Dan Sastra, Pedalitra I, 297–309. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/download/1543/1181
Azis, M. V. N. Al, Akbar, F. H., Hida, A. N., Istiningdias, D. S., & Raharja, D. M. (2022). Implementasi Kelas Belajar Masyarakat (Kelarmas) dalam Meningkatkan Literasi dan Mutu Pendidikan di Desa Kertamukti Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6110–6119. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3253
Cholifah, T. N. (2024). Profil Literasi Membaca dan Literasi Budaya Siswa dalam Mendukung Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 282. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2941
Desy, H. (2021). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2), 37–44. https://doi.org/10.37905/jjll.v1i2.9227
Haryaningrum, V., Reza, M., Setyowati, S., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan Kecerdasan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 218–235.
Hayati, S. N. & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. In Generasi Emas (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Diniada Anak Usia Dini, I(02), 1–12.
Kanji, H., & Nursalam. (2019). Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), III(1), 75–84.
Lindriany, J., Hidayati, D., & Muhammad Nasaruddin, D. (2022). Urgensi Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Dan Orang Tua. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 35–49. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.201
Mulyadi, S. (2019). Psikologi Bermain. In Gunadarma (Vol. 11, Issue 1).
Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328
Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6), 9333–9343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3598
Rusli, I. A. (2023). Peran Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum, 148.1-148.9.
Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Pendidikan (Edisi ke 3). Alfabeta.
Sugiyono, prof. dr. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (edisi kedu). Alfabeta Bandung.
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (Rnd) Dalam Bimbingan Dan Konseling. QUANTA, 5(3), 111–118. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497