ANALISIS UJI VALIDASI AHLI MATERI PADA KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DI KELOMPOK B MENGGUNAKAN MEDIA SPINNING WHEEL

Authors

  • Khoirun Nisa' Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

spinning wheel, kemampuan membaca huruf hijaiyah, kelompok B

Abstract

Masa Anak usia dini mengacu pada anak yang baru lahir sampai usia enam tahun yang mengalami tumbuh dan kembang yang cepat. Usia dini dikenal sebagai masa emas karena anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dalam aspek yang berbeda. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca huruf hijaiyah anak di kelompok B RA Sumbesari dan pengaruh media spinning whel terhadap kemmpuan membaca huruf hijaiah pada anak kelompok B RA Sumbersari. Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan lembaga tersebut yaitu banyak anak yang belum bisa membaca huruf hijaiyah. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas yakni, kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah 44 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media spinning wheel dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan huruf hijaiyah yang hampir mirip dan harokat yang berbeda-beda. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa materi yang di gunakan adalah valid yaitu 0.80741dengan keterangan TINGGI dan dapat digunakan untuk pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media spinning wheel lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan huruf hijaiyah yang hampir mirip dan harokat yang berbeda-beda dibandingkan dengan metode tilawati (baca simak).

References

Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui kartu huruf hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 46-57.

Amalia E.R, Rahmawati A., Farida S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita. Ikhac. 1(1):1–12.

Ayu, S. M., & Junaidah, J. (2019). Pengembangan Akhlak pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 210-221.

Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 127-136.

Iswanto, R. U. D. I. (2021). Pengaruh Metode Tilawati Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Al-Qur’an Anak Usia 5-6 Tahun Di TPA Al-Kautsar Desa Purwodadi Kecamatan Trimurjo. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung.

Lestari, R. E., & Handayani, R. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal At-Tabayyun, 6(2), 113-126.

Pribadiyanto, E. E. (2022, December). Penerapan Metode Tilawati untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 10, pp. 338-350).

Putri, I. Y. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putri Aisyah Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Safitri, Y. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan bahasa balita di UPTD kesehatan Baserah tahun 2016. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148-155.

Setianingsih, H. P. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Tilawati pada Anak Kelompok B6 di TK ABA Karangkajen Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(3), 327-336.

Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2021). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1197-1211.

Ulfa, R. A. (2020). Implementasi Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Merandung Jaya (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36-41.

Widiyanti, D., & Darmiyanti, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Flash Card. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(2), 16-29.

Downloads

Published

2024-11-01