PENGEMBANGAN MEDIA E SPINNING WHEEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SD NEGERI MULYOREJO
Keywords:
Media, E Spinning Wheel, KeefektifanAbstract
Salah satu media dan fasilitas yang dapat membantu dalam pembelajaran adalah E Spinning Wheel, yang telah dikembangkan dan dipelajari. Tujuan pengembangan ini adalah untuk merinci proses pembuatan E Spinning Wheel dan menilai kemanjuran, kelayakan, dan validitasnya. Penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi model ADDIE adalah inti dari penelitian ini. Formulir untuk wawancara, validasi oleh spesialis media, materi, dan bahasa, kuesioner untuk siswa dan guru, dan pertanyaan tes semuanya digunakan untuk mengumpulkan data. Data wawancara dan analisis data tersebut untuk kegunaan, kelayakan, dan validitas merupakan prosedur pengumpulan data. Berdasarkan tingkat keberhasilan 97,5% dalam evaluasi ahli materi menggunakan kriteria "sangat valid", penelitian menyimpulkan bahwa E Spinning Wheel yang dibuat sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan kriteria "sangat valid", 86% validasi ahli media diterima. 97% validasi linguistik memenuhi persyaratan "sangat valid". Setelah melaksanakan uji kepraktisan yang mengharuskan guru untuk mengisi kuesioner dengan tujuh indikator kepraktisan, hasilnya adalah 97% dengan kriteria "sangat praktis," dan 94% dengan kriteria "sangat valid" bagi siswa. E Spinning Wheel ditemukan berhasil 94% menurut kriteria penilaian "sangat valid" setelah serangkaian 15 pertanyaan dijawab. E Spinning Wheel adalah alat pembelajaran yang asli, praktis, dan berhasil, menurut analisis data.
References
Aprillianti P, Wiratsiwi W. 2021. Pengembangan E-book dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pros Semin Nas Peneliti dan Pengabdian Masyarakat. 6(1):80–88.
Ardiansyah. 2018. Pengembangan Media Permainan Roda Putar pada Mata Pelajaran Ekosistem pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. J Mhs Teknol Pendidik. 9(2).
Fatimah ID, Wiratama NA. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. J Elementary Educator [Internet]. 6(1):129–137. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1464/822
Konjin HCT, Wiratama NA. 2023. Pengembangan Media Peran (Pop Up Book of Regulations) dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Kebomlati Tuban. Elem Sch J [Internet]. 2(1):43–48. http://journal.unirow.ac.id/index.php/elenor/article/view/848/607
Latief H. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII SMPN 4 Padalarang). J Geogr Gea. 14(2):14–28. https://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3395
Nahara D, Wiratama NA. 2023. Pengembangan Media Interaktif Quizizz Berbasis Literasi Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV. ELENOR Elem Sch J [Internet]. 1(2):80–87. http://journal.unirow.ac.id/index.php/elenor/article/view/842%0Ahttp://journal.unirow.ac.id/index.php/elenor/article/download/842/549
Puteri LAS, Mintohari. 2022. Pengembangan Media Pemutar Musik Pengembangan Pemutar Musik Sebagai Media Pembelajaran Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan di Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd. 10:1514–1551.
Sugihartini N, Yudiana K. 2018. Addie Sebagai Model Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan (Mie) Kurikulum dan Mata Kuliah Pengajaran. J Pendidik Technol dan Kejuru. 15(2):277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dan Litbang, Bandung. Pt.Alfabet. Pap Kerja NBER [Internet].:89. http://www.nber.org/papers/w16019
Utami RP. 2017. Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar. J Dharma Pendidik. 12(2):62–81.
Wulandari AP, Salsabila AA, Cahyani K, Nurazizah TS, Ulfiah Z. 2023. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. J Educ. 5(2):3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074