PENGEMBANGAN MEDIA TANGRAM PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS III UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI UPT SDN PENIDON 2

Authors

  • Asih Sri Rejeki universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wirastiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Matematika, Pengembangan, Media Tangram

Abstract

Pada UPT SD Negeri Penidon 2 terdapat permasalahan dalam pembelajaran Matematika tentang bangun datar,seperti kurangnya interaksi siswa, rendahnya minat belajar, dan keterbiasaan sarana. Hanya kurang dari 70% dari 11 siswa kelas III yang mencapai standart mminimal pemahaman materi. Ketersediaan sarana dan prasarana untuk siswa sangat terbatas. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika di UPT SDN Penidon 2, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan dan tingkat kepraktisan media Tangram yang dikembangkan untuk materi bangun ruang kelas III SD. Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Secara informal, matematika bahkan telah diajarkan di taman kanak-kanak Agar pembelajaran matematika dapat berjalan dengan lancar, prinsip-prinsip pembelajaran harus dipilih terlebih dahulu. Ini berarti bahwa pembelajaran matematika harus bersifat progresif, berurutan, dan didasarkan pada pengalaman belajar sebelumnya, serta menjelaskan ide-ide baru atau membuat hubungan antara konten yang telah diajarkan dengan menggunakan media dan alat bantu yang digunakan untuk mengajar matematika. Berdasarkan data observasi, tujuan pembelajaran untuk topik bangun datar dalam matematika terpenuhi di kelas III SDN Penidon Hasil 2 masih kebingungan dan kesulitan dalam mengikuti dikarenakan kurang tepatnya pendidik dalam menggunakan media dan metode pada materi yang disampaikan. Berdasarkan uji validasi media tangram diperoleh rata-rata hasil dari 2 Dari segi kepraktisan, angket respon guru dan siswa memberikan hasil 92% (sangat praktis) dan 94% (sangat praktis). Validator ahli materi sebesar 94% (sangat valid), dengan validator ahli materi sebesar 92% (valid) dan validator ahli media sebesar 96,92% (sangat valid). Hasil ini menunjukkan bahwa media tangram sahih, bermanfaat, dan efektif.

References

Anjarsari, M. D. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar Menggunakan Media Tangram di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 01(2), 1–6.

Aprilliani, D., . W., & Sri Rahayu, T. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran TSTS Berbantuan Media Tangram. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1), 92–100. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17297

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematik. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186.

Dita, W. P., & Indrawati, D. (2023). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TANGRAM MATERI BANGUN DATAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jpgsd, 11(5), 957–966.

Hamid, A. (2005). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. In Japanese Journal of Allergology (Vol. 54, Issue 8).

Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192

Marshanawiah, A., Ningsih, S., Alwi, N. M., Nurdiyanti, A., & Dukei, N. (2023). Pengembangan Media E -Tangram Geometri Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 141–148.

Milkhaturrohman, Da Silva, S., & Wakit, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar di SDN 2 Mantingan Jepara. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 94–106.

Nurhidayah, N., Meirista, E., & Mayasari, D. (2022). Penerapan Media Tangram Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dengan Metode Praktek pada Siswa Tunarungu. Musamus Journal of Mathematics Education, 4(1), 43–53. https://doi.org/10.35724/mjme.v4i1.4036

Nurul Hidayanti, & Bambang Ismanto. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pbl Dengan Bantuan Media Tangram Kelas Ii Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2557–2567. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1856

Partisya, N. M., Siregar, N., Nur, L., & Siregar, K. (2024). Pengembangan Media Tangram Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II MIS Ikhwanul Muslimin. Journal Innovation in Education, 2(4).

Rah, S., & Rahmah, L. (2017). Penggunaan Media Tangram Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Kesebangunan Di Kelas IX MTs Siti Mariam Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81. https://doi.org/10.18592/jpm.v3i1.1183

Sirajuddin, S., Hadaming, H., & Amelia, N. (2023). Penggunaan media tangram untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika kelas IV. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 79–92. https://doi.org/10.33387/dpi.v12i1.6117

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tsalitsah, N., & Baalwi, M. A. (2024). Pengaruh Media Tangram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Suko 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1168–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2210

Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RND) Dalam Bimbingan Dan Konseling. QUANTA, 5(3), 111–118. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Downloads

Published

2025-01-07