KEMAMPUAN PELAFALAN FONEM VOKAL ANAK DISABILITAS AUTISME: STUDI KASUS JR DAN FH DI SLB SPECIAL SCHOOL SALSABILA TUBAN

(KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)

Authors

  • Qothrun Nada Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wahyu Mulyani Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

pelafalan fonem vokal, disabilitas , autisme

Abstract

Pelafalan fonem vokal dapat meningkatkan belajar anak terutama pada anak disabilitas autisme. Kemampuan pelafalan fonem vokal sangat bagus bagi anak disabilitas autisme yang belum mampu melafalkan fonem vokal dengan tepat. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan  kemampuan pelafalan fonem vokal anak disabilitas autisme di SLB Special School Salsabila Tuban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang digunanakan untuk mendapatkan data kemampuan pelafalan fonem vokal anak disabilitas autisme. Metode pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan, wawancara guru dan murid, dokumentasi dengan merekam suara dan simak catat. Subjek penelitian ada dua siswa yang mengalami disabilitas autisme diambil secara acak jatuh pada kelas satu dan empat, masing-masing satu anak. Tempat di SLB Special School Salsabila, Jl. AKBP Suroko No. 46, Kebonsari, Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban, Jawa Timut 62317. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif pelafalan fonem vokal anak disabilitas autisme. Hasil penelitian yang didapat tentang kemampuan  pelafalan fonem vokal anak disabilitas autisme dengan melafalkan vokal [a], [i], [u], [e] dan [o] sehingga, anak dapat belajar secara terus-menerus hingga dikatakan  kategori baik. pelafalan fonem vokal setiap anak berbeda, sehingga pelafalan fonem vokal JR dan FH juga berbeda. Karena JR belum mampu melafalkan kosa kata dalam bentuk bahasa inggris tetapi FH mampu melafalkan fonem vokal dengan bahasa inggris. Kesimpulan dalam penilitian ini, kemampuan pelafalan fonem vokal anak disabilitas autisme dapat dilihat bagaimana JR dan FH mengucapkan kosa kata dengan pelafalan fonem vokal sudah tepat atau belum.

References

Ardianti, A. N., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee.(Studi pada mahasiswa aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 55-66.

Azizah, V. N. (2022). Pengaruh Kualitas Makanan, Cita Rasa, Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Study Kasus pada Bubur Ayam Di Kemayoran) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Faizy, C. B., Lestari, R. W., Roviat, D. D., & Bagaskara, G. A. (2023). Model Pengajaran Untuk Anak Autisme Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas Homogen Antarjenjang Di Slb Tunas Mulya Surabaya. Jurnal Education And DevelopmeNT, 11(2), 150-154.

Hasanah, S. L., Fatimah, A., & Maryani, K. (2021). Keterbacaan Visual Media Buku Cerita Fabel “Kura-kura Sang Juara”. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 26-32.

Hidayati, N. (2021). Implementasi Pembelajaran PAI Bagi Tunalaras Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(02), 111-122.

Juwita, I., Manissha, Z., Supriyanto, J., Sari, K., Praboyo, A., Sagita, P., ... & Oktarina, O. (2020). Manajemen Ektrakurikuler untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Sma Negeri 2 Mendo Barat. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1), 52-60.

Mahsun, M. S. (2005). Metode penelitian bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama.

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media.

Sari, S. P. (2018). Efektivitas Metode Aba Dan Pecs Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Pada Siswa Autis Di Kelas 1 Sdlb Sungai Paring. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2).

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019, April). Penguatan literasi siswa sekolah dasar melalui kunjungan perpustakaan. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).

Setyadi, A. (2018). Pasangan Minimal” Fonem Alat “Permainan Bahasa. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 13 (3), 405-417.

Sudaryanto, D. P. (2015). Metode dan aneka teknik analisis Bahasa [Method and technique of language study].

Sumanti, A. A. S., Putri, N. L., & Wantah, M. E. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Media Pelepah Pisang di TK Frater Don Bosco Tomohon: Indonesia. Kidspedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 27-34.

Utari, L., Kurniawan, K., & Fathurrochman, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 75-89.

Downloads

Published

2024-10-31