PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Hasil Belajar, Media Pembelajaran Interaktif, Teams Game TournamentAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Team Game Tournament (TGT). Penelitian dilakukan dengan metode PTK. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 4 UPT SD Negeri Semberan. Pengumpulan data meliputi kegiatan pra dan pasca tes serta kegiatan non tes seperti wawancara, observasi dan respon angket. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis data. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan penalaran logis untuk menjelaskan realitas atau fakta yang ditemukan. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik kuantitatif sederhana dengan menggunakan persentase. Penelitian ini menganalisis data aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan kinerja guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dapat menghasilkan hasil belajar siswa yang lebih baik. Hal ini ditunjukkan pada siklus I dan siklus II. Data observasi aktivitas guru pada siklus I menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 69,5%, dan data aktivitas guru pada siklus II mencapai tingkat keberhasilan sebesar 94%. Data observasi aktivitas siswa pada Siklus I menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 72,7%, dan data aktivitas siswa pada Siklus II menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 94%. Hasil tes belajar siswa Siklus I menunjukkan delapan siswa (53,3%) tuntas dengan rata-rata sebesar 74,7 poin. Pada siklus II siswa tuntas 100% dan rata-rata kelas sebesar 91,3 poin. Dengan demikian pendidikan IPAS kelas IV UPT SD Negeri Sumberan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) yang didukung dengan media pembelajaran interaktif.
References
Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas:(Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Penerbit LeutikaPrio.
Fauzi, A., & Masrupah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 10-20.
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.
Marlita, I. N., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran TGT Berbasis Media FTB. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1646-1660.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.
Nengsih, L. W., Susiswo, S., & Sa’dijah, C. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar dengan gaya kognitif field dependent (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118-9126.
Pauziah, N., Alfaqih, B., Hoirunnisa, F., Sadiyah, M. S., & Khoerunnisa, N. I. (2023). Kendala-Kendala dalam Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 39-47.
Pertiwi, L. M. C., Purnamasari, I., & Wahyuni, D. S. (2023, July). 65. Penerapan Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 4 SDN Ngempon 02. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, pp. 584-592).
Ramli MIS. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games ( Tgt ) Pada Pips. J Pena Ilm. 2(1):2101–2110.
Rohmah, K., & Prayito, M. (2024). Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Kalimat Ajakan Kelas II SD Sawah Besar 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 13868-13874.
Rosna, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(7), 118217.
Standar B, Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan D, Teknologi D. 2022. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A.
Syamsuddin, T. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Belajar Siswa Kelas VI di SDN Inpres Cenggu Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6).
Ula, N. S. S., & Jamilah, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model TGT. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 194-204.