EFEKTIVITAS DALAM MEMAHAMI MEDIAN DAN MODUS MENGGUNAKAN MEDIA SPREADSHEET

Authors

  • Soleh Hul Hadi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

median, modus, speadsheet, efektivitas pembelajaran

Abstract

Pendidikan matematika di lembaga pendidikan dasar”memiliki peranan penting dalam membangun fondasi untuk pemahaman siswa tentang konsep-konsep dasar matematika, termasuk konsep statistik seperti median dan modus.“ Pemahaman yang baik tentang ide”ini tidak hanya penting untuk keberhasilan akademik siswa di tingkat sekolah dasar, tetapi juga sebagai dasar untuk pembelajaran matematika di jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penggunaan Spreadsheet dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN 2 Kebloran terhadap konsep median dan modus dalam bidang matematika. Metode studi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melibatkan observasi kelas, wawancara guru, angket dan dokumentasi sebagai alat untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Spreadsheet mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep median dan modus. Sebagian besar siswa merasa lebih mudah memahami dan menghitung media serta modus berkat visualisasi data dan perhitungan otomatis yang disediakan oleh Spreadsheet. Selain itu, penggunaan teknologi ini juga berhasil meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran, meskipun beberapa siswa menghadapu kesulitan dalam mengoprasikannya. Guru juga mengakui bahwa penggunaan Spreadsheet membantu memperjelas konsep statistik, meskipun terdapat tantangan dalam penguasaan teknologi dan pengelolaan kelas. Kesulitan seperti perbedaan tingkat keterampilan siswa dalam menggunakan Spreadsheet menjadi perhatian utama.

References

Anissyah, N. C. (2023). Efektivitas Media Software Excel Dalam Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Arjasa Tahun Pelajaran 2019/2020. PESAT (Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama), 9(1), 1–10.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Aurora, V. (2017). Statistika SD. SCRIBD.

Creswell, J. W. (2017). RESEARCH DESIGN Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif, dan mixed (2017th ed.). Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Martiningsih, R. R. (2015). Efektivitas Pemanfaatan Ms Excel Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp Muhammadiyah 1 Surabaya. Jurnal Kwangsan, 3(2), 107. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v3i2.28

Nuryati, N., Subadi, T., Muhibbin, A., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2022). Pembelajaran Statistik Matematika Berbantuan Website Google Sites (Quizizz) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2486–2494. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2377

Paramita, P. S. S., & Pujiyanto. (2015). Media Pembelajaran Menggunakan Spreadsheet Excel Untuk Materi Osilasi Harmonik Teredam | Paramita | PROSIDING : Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. PROSIDING: Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(1), 263–269.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Surya, A. (2016). Desain Pembelajaran Statistika Menggunakan Konteks Mal di Kelas V. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(1), 236. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.2624

Suwiji, N. S. Z. (2020). Spreadsheet: Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Contoh Aplikasi. In FA Tekno (p. 1).

Widiawati, W., & Jamaludin, G. M. (2023). Efektivitas Pembelajaran Siswa Sd Berbasis Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 22–25.

Downloads

Published

2025-01-04