PENGEMBANGAN MEDIA MINI GARDEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Authors

  • Jeni Dwi Lestari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sumadi Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengembangan, Sampah, Mini Garden

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan peserta didik kelas II fase A materi sampah organik dan anorganik. Pada penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jamprong III pelajaran Bahasa Indonesia materi sampah organik dan anorganik. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas media Mini Garden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, angket, dokumentasi, dan tes siswa. Dalam tahap pengembangaan media menggunakan penilaian validasi ahli materi dan ahli media dengan menggunakan angket. Hasil persentase nilai dari ahli media  94,1%, dan dari ahli materi 92,7%. Tingkat kepraktisan dalam media ini menggunakan data repon guru dan siswa, hasil data respon guru mendapatkan persentase 96%. Sedangkan data hasil respon siswa mendapatkan persentase 95,8%.Media Mini Garden dilakukan uji coba kepada siswa kelas  II SD. Hasil uji coba media Mini Garden ini menunjukan persentase 94,5% melalui hasil tes evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa media Mini Garden valid, praktis, dan efektif digunakan.

References

Afifah, N. D., Widiyono, A., & Attalina, S. N. C. (2022). Pengembangan Media Diorama Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAdi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 528–533.

Amalia, M. D., Agustini, F., & Sulianto, J. (2018). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paedagogia, 20(2), 185. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.9850

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.

Yanto, T. E. & Iswantara, N. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Hasibuan, N. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Darul ’Ilmi, 4(1), 22–39.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.

Kustandi, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat (I. Fahmi (ed.); Pertama). KENCANA.

Naparin, M. (2023). Green Business Model, Megatren Masa Depan: Solusi Kelestarian Global Dengan Pendekatan Environmental-Based View (EBV) (Issue July).

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD (R. Awahita (ed.)). CV Jejak, anggota IKAPI.

Saleh, M. S., Syahruddin, & Dkk. (2023). Media Pembelajaran. Eureka Media Aksara, 1–77.

Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Wati, E. R. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Pengembangan Evaluasi Sistem Pembelajaran. 129.

Widyawati, E. R., & Sukadari. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 216–225. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.667

Downloads

Published

2024-10-02