PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eka Suci Jayanti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sumadi Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

pengembangan, media, kartu domino, IPAS

Abstract

Para peneliti bermaksud menelusuri sejarah kartu domino sebagai media pendidikan ilmiah. Selain itu, untuk mengetahui seberapa layak, akurat, dan efektif media kartu domino tersebut. "Penelitian dan Pengembangan" adalah nama pendekatan penelitian tersebut. Tiga belas siswa kelas empat dari sekolah dasar negeri ikut serta dalam penelitian ini pada tahun 2024. Temuan penelitian dianalisis menggunakan model ADDIE lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Lembar validasi merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini. (ii) Catatan observasi. 3. Formulir wawancara mendalam. Empat, formulir survei. 5. Formulir evaluasi. Pada tahap penelitian ini, tiga orang pakar telah mengevaluasi validitas media kartu domino; (1) pakar media memperoleh skor 62 (atau tingkat kepercayaan 88,5%), sehingga media tersebut dapat dianggap sah untuk tujuan pendidikan. (2.) Pakar materi pelajaran memberikan skor 85 persen untuk media kartu domino ini, yang berarti media tersebut sesuai untuk tujuan pendidikan. Para ahli bahasa memperoleh skor 42/100 atau sebesar 93%. Dapat disimpulkan bahwa media kartu domino ini praktis digunakan, karena angket respons guru memperoleh skor 47 dengan persentase 94% dan angket respons siswa memperoleh skor 1.412 dengan persentase 91%. Hasil uji keefektifan menunjukkan persentase sebesar 81% yang menunjukkan bahwa media ini berhasil.

References

Arifin, Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Adobe Flash Berbasis Android Pada Kompetensi Dasar Konsep Pemasaran Online di Kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2).

Azar, A. (2011). Media pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran, Dsb), Dan.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Frasa, J., Bahasa, J. K., & Volume, P. (2021). atau 0,000 < 0,005 maka H. 2, 24–36.

Kinanti, S. A., & Nuzula, N. F. (2017). Pengaruh Intensitas R&d terhadap Nilai Perusahaan dengan Variabel Kontrol Umur dan Ukuran Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Brawijaya University.

Larasati, L. D., & Poedjiastoeti, S. (2016). Pengembangan Permainan Kartu Domino Kimia Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Unsur Bagi Siswa SMALB Tunarungu. UNESA Journal of Chemical Education, 5(1), 115–119.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939.

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Prebrianti, D., & Anwar, K. (2020). Penerapan Media Kartu Domino dalam Pendampingan Pembelajaran Al-Qur’an Hadist di Mi Nurul Huda Sumberpitu. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18–28.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode Peneliian. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.

Suprihatin, A. (2015). Pengembangan bahan ajar membaca program bahasa Indonesia bagi penutur asing tingkat intermediate. Jurnal Nosi, 3(3), 297–306.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1).

Downloads

Published

2025-01-04