PENGUATAN JIWA KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP) SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI TUBAN

Authors

  • Ulfa Yuliasari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Risa Triassanti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Christina Innocenti T. Panggabean Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dholiful Hadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

jiwa kepemimpinan, leadership, kerjasama, keterampilan kepemimpinan, pemimpin masa depan

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan di kalangan siswa sekolah di SMPN 2 Tuban. Kepemimpinan merupakan keterampilan krusial yang dapat mempengaruhi kesuksesan akademik dan sosial siswa, serta mempersiapkan mereka untuk tantangan masa depan. Meskipun demikian, siswa sering kali menghadapi kesulitan dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang efektif. Program ini meliputi serangkaian kegiatan pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan siswa, seperti komunikasi, pemecahan masalah, dan kerja sama tim. Kegiatan ini terdiri dari workshop interaktif, diskusi kelompok, serta simulasi situasi kepemimpinan nyata yang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif yang memungkinkan siswa untuk berlatih dan menerapkan keterampilan kepemimpinan dalam lingkungan yang mendukung serta mengisi kuesioner yang disediakan oleh tim. Dengan adanya pelaksanaan program ini, diharapkan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tuban dapat lebih siap untuk mengambil peran kepemimpinan dalam kegiatan sekolah maupun masyarakat. Program ini juga diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan program kepemimpinan di sekolah-sekolah lain untuk mendukung pembentukan pemimpin masa depan yang berkualitas.

References

Aprianti, R., & Wahyuningsih, T. (2014). Pelaksanaan kegiatan latihan dasar kepemimpinan sebagai wahana membentuk jiwa kepemimpinan siswa (studi kasus di osis smkn 1 yogyakarta periode 2012-2013). Jurnal Citizenship, 3(2), 127–140.

Aqib, Z. (2002). Profesionalisme guru dalam pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36–49.

Azmy, A. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Dalam Membentuk Karakter Profesionalisme Pengurus OSIS Di Madrasalah Aliyah Al-Falah. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 96–104.

Khodijah, R., & Putra, P. (2020). Pelatihan Manajemen Kepemimpinan (Leadership) Dalam Berorganisasi. Devosi, 1(1), 5–10.

Komara, E., Mulyanto, A., Rahman, I. A., Karimah, I., & Ibrahim, D. Z. (2023). Implementasi Kepemimpinan Partisipatif dalam Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Radhi Ibrahim Nurfadilah (RIN) Baleendah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1567–1571.

Mujahidin, M., & Malusu, M. R. (2024). Membangun Karakter Kepemimpinan Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). At Tadbir: Islamic Education Management Journal, 2(1), 27–35.

Mulyana, N. (2017). Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Penjas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 41–47.

Raharjo, R., Jayadiputra, E., Husnita, L., Rukmana, K., Wahyuni, Y. S., Nurbayani, N., Salamah, S., Sarbaitinil, S., Nazmi, R., & Djakariah, D. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER Membangun Generasi Unggul Berintegritas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sagala, H. S., & Sos, S. (2018). Pendekatan & Model Kepemimpinan. Prenada Media.

Sahadi, S., Taufiq, O. H., & Wardani, A. K. (2020). Karakter kepemimpinan ideal dalam organisasi. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(3), 513–524.

Santoso, I. (2021). Pendidikan Pelatihan (Diklat), Iklim Organisasi, dan Motivasi Berprestasi: Pengaruhnya pada kinerja guru. Penerbit NEM.

Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., Nurbayani, N., Sarbaitinil, S., & Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Suharso, A. A. P., & Alfinur, A. (2020). Pelatihan Dasar Kepemimpinan (Leadership) Pada Anggota Osis Smk Pgri Turen Kabupaten Malang. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Susanti, N. P. W., Zukhri, A., & Meitriana, M. A. (2018). Studi Komparatif Tentang Prestasi Belajar Antara Siswa Yang Aktif Dan Tidak Aktif Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di Sma Negeri 1 Negara Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 76–85.

Downloads

Published

2024-10-29