ANALISIS KEMAMPUAN BAHASA JAWA KRAMA INGGIL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Siti Marli’ah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe
  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kemampuan Bahasa Jawa, Krama Inggil, Anak Usia Dini

Abstract

Bahasa merupakan salah satu keterampilan dasar yang diperlukan oleh anak untuk mengeskpresikan diri dan berkomunikasi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan bahasa Jawa Krama Inggil pada anak usia 4-5 tahun di Kabupaten Tuban yang dilaksanakan di TK PKK Desa Bulurejo Kecamatan Rengel dan TK Kartika Kecamatan Kerek pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi terhadap penggunaan bahasa pada proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, wawancara terhadap orang tua terkait penggunaan bahasa dalam berkomunikasi sehari-hari di rumah, dan telaah dokumen hasil pembelajaran bahasa Jawa Krama Inggil pada anak kelompok A usia 4-5 tahun. Teknik analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak usia 4-5 tahun dalam berbahasa Jawa Krama Inggil masih tergolong rendah karena dari sampel penelitian yang berjumlah 30 responden sebagian besar (76,7%) hanya mampu menyebutkan 1-2 kata dalam bahasa Jawa Krama Inggil. Hal ini membuktikan bahwa tidak terbiasanya penggunaan bahasa Jawa dalam komunikasi sehari-hari atau tidak dijadikannya bahasa Jawa sebagai bahasa pertama akan berpengaruh terhadap kemampuan anak dalam berbicara bahasa Jawa, khususnya bahasa Jawa Krama Inggil.

References

Al’adawiya, R., Hartati, S., & Sumadi, T. (2023). Survey Persepsi Ibu terhadap Penggunaan Bahasa Daerah Kaili Tara pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 616–627.

Aprilia, W. T., & Hasibuan, R. (2021). Pengaruh Dongeng Digital Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Jawa Krama Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Dharma Wanita Ngimbang Lamongan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1283–1294.

Baryadi, I. P. (2014). Pengembangan “dwibahasawan yang seimbang” untuk mempertahankan bahasa-bahasa daerah di Indonesia. Sintesis: Jurnal Ilmiah Kebudayaan, 8(2), 60–68.

Damayanti, W. R., Marcos, H., Suhartono, D., & Berlilana, B. (2022). Perancangan Aplikasi Pengenalan Bahasa Jawa Untuk Anak Usia Dini. BIOS: Jurnal Teknologi Informasi Dan Rekayasa Komputer, 3(2), 69–76.

Djamareng, J., & Jufriadi, J. (2016). Pengaruh Sikap dan Peran Orang Tua Terhadap Pergeseran Bahasa Luwu di Kalangan Anak-Anak Pada Masyarakat Luwu Kota Palopo. Palita: Journal of Social Religion Research, 1(1), 79–94.

Ifadah, A. S., Permata, R. D., & Makhmudiyah, N. (2020). Media Audio Dan Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 1(1), 1–6.

Marliâ, S., & Apriliyana, F. N. (2021). Efektivitas strategi read aloud dalam mengenalkan bahasa Inggris pada anak usia dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 74–81.

Nugrahani, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Media Kartu Bergambar Di Tk Islam Sultan Agung Blimbing-Paciran-Lamongan. Prosiding SNasPPM, 7(1), 888–893.

Nurhayati, S., Jaya, A. F., & Nugrahani, R. (2022). Pengembangan Media Magictube Dalam Upaya Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Golden Childhood Education Journal (GCEJ), 3(2), 12–18.

Permata, R. D., Yuliasari, U., & Ekayati, I. A. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kiddy Learning Binder untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 433–440.

Ratnawati, S. (2024). Penerapan Komunikasi bahasa jawa pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 6(3), 17164–17170.

Sari, I. N. (2023). Upaya Pemertahanan Bahasa Jawa Pada Ranah Keluarga Di Desa Kampung Baru, Kabupaten Pelalawan. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(3), 342–352.

Shari, D., & Azizah, E. N. (2021). Penerapan Bahasa Jawa Pada Anak Usia Dini. JCE: Journal of Childhood Education, 5(2), 294–302.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.

Wijayanti, L. D., & Marli’ah, S. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran Marble Literasi Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Golden Childhood Education Journal (GCEJ), 3(1), 40–46.

Downloads

Published

2024-10-29