DIGITAL MARKETING CAMP SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK UMKM DI KELURAHAN KEBONSARI KECAMATAN TUBAN KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Kholid Kholid Universitas PGRI Ronggolawe
  • Kristin Tri Lestari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Amaludin Arifia Universitas PGRI Ronggolawe
  • Aris Wijayanti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Digital, Marketing, UMKM

Abstract

Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran digital, terutama media sosial, bagi para pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan dan laba mereka. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah kegiatan pelatihan untuk membantu proses implementasi pemasaran digital, metode ini merupakan kegiatan pengembangan kemampuan dengan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki, praktik langsung yang lakukan yaitu membuat akun media sosial. Pada masyarakat di Kelurahan Kebonsari kurang memahami tentang digital marketing sehingga tingkat penjualan UMKM merosot dan kalah dari produk yang dipasarkan melalui media. Sehubungan dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat kelurahan Kebonsari maka tim PKM kami berusaha untuk membuat Digital Marketing Camp sebagai Upaya Pengembangan Pemasaran Produk UMKM Di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban.

References

Astari, N. M., & Efelina, V. (2021). Penerapan Metode Participatory Rural Appraisal (Pra) Pada Susu Kedelai Di Desa Kutagandok. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 5(1), 164–176.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.

Dewanti, D. S., & Diana, W. (2022). Livelihoods Assets Measurement as the Development of Tourism Village with Participatory Rural Appraisal (PRA). Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat.

Fadillah, R., & Fasa, M. I. (2021). Digital Economic Transformation: Optimalisasi Ekonomi Digital Pasca Pandemi Covid-19 Pada Pelaku Umkm. MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW, 3(2), 123–135.

Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120–125.

Juwita, D., & Handayani, A. N. (2022). Peluang dan Tantangan Digitalisasi UMKM Terhadap Pelaku Ekonomi di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 2(5), 249–255.

Kasemin, H. K. (2016). Agresi Perkembangan Teknologi Informasi. Prenada Media.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Marketing strategy. London: London Business Forum.

Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Putri, N. I. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. TEMATIK, 8(2), 160–175.

Putri, I. W., Fatchiya, A., & Amanah, S. (2016). Pengaruh pelatihan non teknis terhadap kinerja penyuluh pertanian BP4K di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Jurnal Penyuluhan, 12(1).

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., Yulianingsih, D., & Dahlan, U. A. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.

Setiawan, B. (2018). Edukasi e-commerce pada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) di kota palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 2(2).

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan teknologi informasi terhadap peningkatan bisnis online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71–75.

Sulaeman, A., Bramasta, D., & Makhrus, M. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dengan Pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA). Jurnal Literasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 87–96.

Wirawan, P. E., Arianty, A. A. A. A. S., Dewi, I. G. A. M., Susanti, L. E., & Sari, K. R. T. (2021). Model Participatory Rural Appraisal (PRA) untuk Pemberdayaan Perempuan Berbasis Pendampingan Melalui Pelatihan Cake Decoration di Desa Batuan. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 11–21.

Downloads

Published

2024-10-02