PELATIHAN E-MARKETING UNTUK MEWUJUDKAN ENTREPENEUR MUDA YANG KREATIF DAN INOVATIF PADA MAHASISWA MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN

Authors

  • Eriska Fitri Kurniawati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Kresna Oktafianto Universitas PGRI Ronggolawe
  • Muna Afdi Muniroh Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dwi Oktafitria Universitas PGRI Ronggolawe
  • Lilik Muzdalifah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Digital, E-Marketing, Enterpreneur

Abstract

Pola hidup dan budaya manusia pada era digital sekarang ini sangat dipengaruhi percepatan teknologi internet. Penggunaan teknologi internet banyak digunakan dalam berbagai hal terutama komunikasi. Pelatihan E-marketing ini bertujuan memperkenalkan salah satu platform E-Marketing, pengenalan sistem pemasaran dalam E-Marketing, serta manfaat dari kegiatan E-Marketing. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pemaparan materi dengan ceramah, diskusi, serta praktik sehingga peserta dapat mengimplementasikan e- marketing secara langsung. Hasil pelatihan E-Marketing digunakan untuk menambah skill dalam mewujudkan entrepreneur yang kreatif dan inovatif dari  mahasiswa Matematika Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Dari hasil analisis tersebut terlihat peningkatan pengetahuan mahasiswa dari jawaban soal pretest 70% jawaban benar menjadi 90%.

References

Adawiyah, D.P.R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2).

Afshan, G., Shahid, S., & Tunio, M. N. (2021). Learning experiences of women entrepreneurs amidst COVID-19. International Journal of Gender and Entrepreneurship, 13(2), 162–186.

Arieantony & Matusin, I.O. (2023). Pengaruh Digital Marketing terhadap Purchase Intention: Dimoderasi Brand Equity. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 3713-3722. http://dx.doi.org/10.25105/jet.v3i2.18191

Aruan, A.H., Purba, H., & Hutabarat, F. (2024). Pengaruh Penggunaan Layanan Influencer, Konten Pemasaran Digital, dan Perasaan Senang dalam Berbelanja terhadap Niat Membeli di Media Sosial Tiktok sebagai Moderasi Adaptasi Informasi. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(4), 7051-7064.

Aulia, M. R., Hendra, J., Safitri, E., & Bawono, A. (2023). Keberlanjutan UMKM di Jawa Barat di Tinjau Dari New-era Business: Transformasi digital, dividen digital, dan kewirausahaan. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 1–15.

Cindy. (2024). Iklan TikTok di Indonesia Jangkau 126 Juta Audiens, Terbanyak ke-2 Global. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/06/iklan-tiktok-di-indonesia-jangkau-126-juta-audiens-terbanyak-ke-2-global

Fossen, F.M. & Sorgner, A. (2021). Digitalization of work and entry into entrepreneurship. Journal of Business Research, 125, 548-563. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.019

Hanidah, I.-I., Halim, H., Fadhil, R., Kesuma, T. M., Siregar, M. R., Ramadhani, E., Ginting, L. M., Najla, N., Fakhrurrazi, F., Rahimi, S. A. E., & Zikran, G. (2024). Training to Build a Creative and Innovative Young Entrepreneur Mindset. Jurnal Pengabdian Bakti Akademisi, 1(4). https://doi.org/10.24815/jpba.v1i4.41551

Huda, N. (2021). Peluang, tantangan dan dampak digital marketing di era society 5.0. Jurnal Keislaman Terateks, 6(2), 126–144.

Komarudin, & Irawati, T. N. (2024). Pelatihan E-Marketing untuk Mewujudkan Santripreneur yang Kreatif dan Inovatif pada Mahasiswa Universitas KH Mukhtar Syafa’at Blokagung Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(12), 3411–3417. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i12.735

Mardiana, R., Fahdillah, Y., Kadar, M., Hassandi, I., & Mandasari, R. (2024). Implementasi Transformasi Digital dan Kecerdasan Buatan Sebagai Inovasi Untuk UMKM pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 3(1).

Mavlutova, I., Lesinskis, K., Liogys, M., & Hermanis, J. (2020). Innovative teaching techniques for entrepreneurship education in the era of digitalisation. WSEAS Transactions on Environment and Development, 16(1), 725–733. https://doi.org/10.37394/232015.2020.16.75.

Rajagukguk, T. S. (2024). Pengabdian Mendigitalkan Desa: Meningkatkan Keterampilan Digital Masyarakat Melalui Pelatihan Komputer dan Internet (Pada UMKM di Desa Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 212–228.

Sa, N., & Rohmah, idatur. (2021). Digital Marketing Training Terhadap Kemandirian Dan Entrepreneurship Knowledge Curiosity Dikalangan Mahasiswa Unwaha. In Journal of Education and Management Studies, 4(2).

Saputra, D. H., Halim, A., Kusuma, P., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Saputri, R. K., & Himam, F. (2015). Mindset wanita pengusaha sukses. Jurnal Psikologi, 42(2), 157– 172.

Tugiah, T., & Jamilus, J. (2022). Pengembangan pendidik sebagai sumber daya manusia untuk mempersiakan generasi milenial menghadapi era digital. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6), 498– 505.

Wibowo, A, D. L., & Priansa, D. J. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, A.A.M., Azhar Sa, L., Sadat, A., & Riniati, W. (2021). Pelatihan Digital Marketing untuk Produk Wirausaha Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, 2(2).

Downloads

Published

2024-10-02