PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS I SDN KOWANG II MELALUI MEDIA AMAZING POP-UP BOOK
Keywords:
ketrampilan membaca permulaan, pop-up book, bahasa IndonesiaAbstract
Rendahnya tingkat ketrampilan membaca pada kelas rendah di sekolah dasar ini, salah satunya berpengaruh dari penggunaan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar, selain itu adapun faktor lainya adalah sistem zonasi dimana peserta didik diterima tanpa didasarkan tes calistung atau semacam diagnostik awal. Maka peneliti mengembangkan media Pop-Up Book dengan berbagai variasi sebagai komponen penunjang, penelitian ini ditujukan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 sekolah dasar dengan tujuan untuk meningkatkan ketrampilan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan Model 4-D digunakan dalam penelitian ini yang terdiri dari 4 langkah yaitu, 1) Define (pendefinisian), 2) Design (desain), 3) Development (pengembangan) dan 4) Deseminatte (penyebaran). SDN Kowang II Semanding adalah lokasi penelitian dengan subjek kelas 1 sejumlah 16 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket respon guru dan siswa, preetest posttest serta penilaian dari validasi ahli materi, validasi ahli bahasa, validasi ahli media. Dari data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik kualitatif 94% dan teknik kuantitatif memperoleh persentase 98% dengan kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book dapat meningkatkan ketrampilan membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN Kowang II Semanding pada materi disekitar rumah, selain menarik media ini juga memiliki tampilan bermunculan, gambar tiga dimensi dan dilengkapi dengan komponen evaluasi serta pemainan edukasi yang bereda dengan Pop-Up Book pada umumnya.
References
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Ardini1, R., & Safran. (2024). Media Buku Pop-Up 3D Kisah Tujuh Putri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Journal UPI.
Arwen, D. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 564–576.
Fitriani1, F., Witono1, H., & Rosyidah1, N. K. (2023). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sd (Studi Kasus Di Sdn Inpres Desa Palama). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 221–232.
Ismail, J. R. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Aplikasi Web Google My Maps Untuk Mencapai Kompetensi Dasar Dalam Pembelajaran Geografi Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 26–46.
Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 223–234. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.897
Mayada. (n.d.). Pengembangan Media Smart Pop Up Book untuk Meningkatkan Minat Baca Sisswa Kelas I dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Hidayatul Ummah Bringin.
Maydiantoro, A. (2021). Research Model Development: Brief Literature Review. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (Jpppi), 3(2), 29–35.
Muslikah, A., Hunaifi, A. A., & Saidah, K. (2020). Pengembangan Media BAPER (Batang Perkalian) pada Tema 2 Subtema 1 Lingkungan Bermain di Rumah Kelas 2 SD. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020, 1(1), 539–547.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Stastitika. Alfabeta.
Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9), 1537–1547.
Taufina. (2016). Mozaik Ketrampilan Berbahasa Di Sekolah Dasar (Yuldi (ed.)). CV. Angkasa Bandung.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.