PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK 3D UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Zuanita Abadiah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sumadi Sumadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Scrapbook, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Siswa kelas V SD Negeri 1 BRONDONG menjadi sasaran penelitian ini yang bertujuan untuk membuat media scrapbook 3D untuk pembelajaran IPA dengan topik perubahan sifat benda. Penelitian ini menggunakan paradigma Research and Development (R&D) sebagai metodologinya. Penelitian dan pembuatan media scrapbook ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan yang dikenal dengan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Informasi yang dikumpulkan untuk penelitian ini bersumber dari: Dua lembar lembar: satu lembar untuk catatan dan observasi, dan satu lembar untuk wawancara dan validasi ahli. Media scrapbook dinyatakan valid berdasarkan hasil uji validasi yaitu (1) Ahli Media. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan nilai 82 dari 100 atau 86%. (2) Hasil uji validasi ahli materi dengan skor 42 dan presentase 76%, menunjukkan bahwa media scrapbook layak untuk dikembangkan. (3) Dengan skor 42 dan persentase 93% pada uji validasi ahli bahasa, dapat dinyatakan bahwa media Scrapbook tersebut sah. Dengan skor 45 dan persentase 95%, media Scrapbook yang dihasilkan lulus uji kepraktisan, yang menunjukkan bahwa media tersebut sangat praktis. Hasil uji efikasi disertakan, sehingga persentasenya mencapai 74,6. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa media tersebut memiliki dampak yang signifikan.

References

Abdullah Yusuf M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan terhadap Hasil Belajar Menyimak Dongeng Siswa Kelas II SDN 88 Longrong Kabupaten Soppeng. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Ahmad, R. d. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.

Ahmad, S. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Amalina, A. (2019). Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar, 1(5), 468-478.

Anwariningsih, h. S. (2013). Development of Interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning. Journal of Education and Learning, 7(2). hal 121-128.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Arsyad, A. G. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja graf indo Persada.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.

Buchori, A. a. (2015). Development Learning Model of Charactereducation through E-Comic in Elementary School. International Journal of Education and Research, 3(9):369–86.

Fathurrohman Pupuh, M. S. (2009). Strategi Belajar Mengajar; Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami,. Bandung: PT Refika Aditama.

Fauziyah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Vertebrata di Kelas X MA NU Hasyim Asy’ari Kudus. Jurnal Walisongo, Vol 2, No. 1.

Sadiman, A. (2010). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.

Sudjana, A. R. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA CV.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Veronica, I. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD N Taman Sari 01 Pati. Jurnal Sinektik., 2(1).

Widiyanto, M. W. (2015). The Effectiveness of Scrapbook as A Media to Improve Students’ Ability in Writing Recount Text “a Case of The Eighth Grade Students of SMP N 2 Gubug in the 2015 / 2016 Academic Year. ETERNAL(English Teacher Journal) , 6(2): 34.

Downloads

Published

2025-01-04