PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENUJU LINGKUNGAN RAMAH ANAK DI KELURAHAN SIDOREJO KABUPATEN TUBAN
Keywords:
Nilai, Karakter, AnakAbstract
Kelurahan Sidorejo yang berada ditengah kota Tuban memiliki jumlah penduduk sebanyak 6.805, dengan jumlah penduduk laki-laki 3.216 jiwa, dan jumah penduduk perempuan 3.589 jiwa dengan anak-anak sejumlah 4.537 jiwa dan hampir 99% anak-anaknya bergaya modern sehingga nilai nilai karakter bangsa hampir punah. Salah satu penyebabnya adalah anak-anak ini yang menggemari budaya luar, meniru serta berperilaku sesuai budaya luar negeri. Selain itu sehubungan dengan bahasa jawa di kelurahan Sidorejo, terdapat berbagai persoalan yang dihadapi anak-anak dalam mempelajari bahasa jawa terutama dalam hal karakter unggah ungguh mereka sudah banyak yang hilang dan punah tergantikan bahasa gaul atau bahasa modern. Tujuan pengabdian ini untuk Penanaman Nilai-Nilai Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Menuju Lingkungan Ramah Anak Di Kelurahan Sidorejo Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan yaitu dengan talkshow/workshop, penyuluhan dan pelatihan.
References
Arifin, S., Abidin, N., & Al Anshori, F. (2021). Kebijakan merdeka belajar dan implikasinya terhadap pengembangan desain evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 65–78.
Chandra, Z. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka: Mampukah Merevitalisasi Bahasa Daerah? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 28–38.
Dilapanga, A. R., Rantung, M. I. R., & SH, M. A. P. (2022). Monitoring & Evaluasi Kebijakan Publik. Deepublish.
Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.
Fajri, D. N., & Amalia, N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Cerita Narasi Bahasa Jawa Peserta Didik Kelas V Di SDN Sukoharjo 01 Pati. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 14(2), 612–620.
Fatmawati, Y., & Wiranti, D. A. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 2053–2063.
Herdiana, D. (2018). Sosialisasi kebijakan publik: Pengertian dan konsep dasar. Jurnal Ilmiah Wawasan Insan Akademik, 1(3), 13–26.
Mahardika, A. (2017). Penanaman karakter bangsa berbasis kearifan lokal di sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 16–27.
Nadhiroh, U. (2021). Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa Dalam Melestarikan Budaya Jawa. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 3(1), 1–10.
Rony, R., & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 79–100.
Tohir, M. (2020). Merdeka Belajar: Kampus Merdeka.
Wahyuni, D. E., & Hasanah, S. A. (2016). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pembentuk karakter bangsa. FKIP E-Proceeding, 19–24.
Wardhanika, E., Tryanasari, D., & HS, A. K. (2022). Pembelajaran bahasa jawa sebagai muatan lokal di sekolah dasar. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 1(1), 481–485.
Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Penerbit Gawe Buku.
Wiryasaputra, T. S. (2016). Pendampingan Pastoral Orang Sakit. PT Kanisius.