PENGUATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TENTANG KURIKULUM MERDEKA DAN CAPAIAN PEMBELAJARAAN
Keywords:
penguatan, kurikulum merdeka, capaian pembelajaranAbstract
Pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan untuk membagikan pengetahuan tentang kurikulum merdeka dan capaian pembelajaran (CP) dilakukan di komunitas belajar Gugus PAUD IV Kecamatan Lamongan yang terdiri dari 5 satuan Pendidikan dan memiliki 9 layanan. Dalam pengabdian masyarakat ini diberikan materi dan Latihan kerja (LK)/ worksheet untuk mengetahui kedalaman dan pemahaman materi peserta. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan peserta yang antuasia sampai akhir dalam mengikuti penguatan yang di lakukan oleh TIM.
References
Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670.
Carney, S. (2022). Reimagining our futures together: a new social contract for education: by UNESCO, Paris, UNESCO, 2021, 186 pages, ISBN 978-92-3-100478-0. Taylor & Francis.
Fauzi, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Jurnal Pahlawan| Vol, 18(2), 20–30.
Hamalik, O. (2003). Proses belajar mengajar.
Ishak, M. B. (n.d.). Sustainable School Leadership For Learning Model: Predictor For Teachers’extra Effort, School Effectiveness, And Teachers’satisfaction Towards Teaching.
Kurikulum, B. P. (n.d.). Jurnal Kurikulum.
Minea-Pic, A. (2020). OECD Education Working Papers No. 237. OECD Education Working Papers, 237, 1–42.
Mulyasa, H. . (2021). Menjadi Guru penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.
Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar †Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262.
Numertayasa, I. W., Putu, N., Astuti, E., Suardana, I. P. O., & Pradnyana, P. B. (2022). Workshop Review dan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur Pendahuluan. 3(3), 461–468.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., & Herry Hernawan, P. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 5(4), 6313–6319.
Sa’adaturrodiyah, W. S., & Salma, M. F. (2024). Analysis Of The Implementation Of The Independent Curriculum On Students’interpersonal Intelligence. Kitaba, 2(2), 129–135.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.
Wantiana, I., & Mellisa, M. (2023). Kendala guru dalam penerapan kurikulum merdeka. Jurnal Basicedu, 7(3), 1461–1465.