PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DAN EVALUASI BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI GURU-GURU DI MA NURUL HUDA KRAGAN
Keywords:
pembelajaran, kurikulum merdeka, literasi, numerasi, evaluasiAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat Universitas PGRI Ronggolawe dilakukan Pelatihan Pengembangan Pembelajaran dan Evaluasi Berbasis Literasi dan Numerasi Guru-guru di MA Nurul Huda Kragan Rembang. Sekolah tersebut dipilih karena pengetahuan tentang kurikulum merdeka dan evaluasi berbasis literasi dan numerasi guru masih rendah dalam pembelajaran . Pelaksanaan pelatihan selama dua hari. Peserta pelatihan memperoleh informasi terkait pengetahuan terkait literasi dan numerasi, perangkat pembelajaran, dan evaluasi berbasis literasi dan numerasi. Peserta pelatihan mampu mengembangkan perangkat pembelajaran dan evaluasi berbasis literasi dan numerasi secara mandiri. Peserta pelatihan dapat menggunakan perangkat pembelajaran dan evaluasi berbasis literasi dan numerasi hasil pengembangannya saat pembelajaran. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat UNIROW mampu memberikan beberapa hasil, antara lain: (1) terciptanya sinergi antara UNIROW dengan MA Nurul Huda Kragan, (2) respon yang baik dari peserta pelatihan dengan hasil angket sebesar lebih dari 97,29%.
References
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Rembang. 2022. Statistik Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Rembang 2022, (online), (https://rembangkab.bps.go.id/publication/2020/12/30/76c13339ca67b379faa593a5/statistik-kesejahteraan-rakyat-kabupaten-rembang-2020.html). Diakses tanggal 04 Maret 2023.
Cacik, S., Wulandari, T. S. H., Panggabean, C. I. T., & Widiyanti, I. S. R. (2022). Kelayakan E-Modul Berbasis Tpack Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Calon Guru Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 3(3), 131-136.
Cacik, S. (2023). Penerapan Model TGT Berbantuan Rolling Ball Pada Materi Sumber Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas IV. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1237-1241.
Cacik, S., Widiyanti, I. S. R., & Wulandari, T. S. H. (2023). Adaptasi Teknologi Untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SDN 3 Woro Rembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bersinergi Inovatif, 1(1), 17-26.
Dewi, M. W. K., & Widodo, M. (2023). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LITERASI BUDAYA DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 DI SDN BATURETNO II TUBAN. Prosiding New SNASPPM, 8(2), 1190-1198.
Djafri, N., Pramesworo, I. S., Widodo, M., & Setiawan, M. N. A. (2024). DIGITAL TRANSFORMATION IN EDUCATION: FACING THE TECHNOLOGY AGE. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 759-771.
Fatwa, M. S. 2016. Dinamika Pendidikan Masyarakat Nelayan di Desa Pandangan Wetan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Jurnal Forum Ilmu Sosial, 43 (1): 39-45.
Ginanjar, M. H. (2017). Urgensi lingkungan pendidikan sebagai mediasi pembentukan karakter peserta didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04), 376-396.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2021. Daftar Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Kec. Kragan. (online). (https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?level=3&kode=031712&id=16). Diakses tanggal 04 Maret 2023.
Kemendikbudristek. 2022. Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Indonesia.
Nisak, A., & Yuliastuti, R. (2022). Profil kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Palang. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(2).
Soheb, M., & Widiyanti, I. S. R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Numerasi Pada Materi Pecahan Kelas Iii Sekolah Dasar. Prosiding Snasppm, 7(1), 373-380.
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis kemampuan numerasi dalam pengembangan soal asesmen kemampuan minimal pada siswa kelas XI SMA untuk menyelesaikan permasalahan science. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), 498-508.
Widiyanti, I. S. R., Winata, A., & Cacik, S. (2017). Pengembangan Perangkat Penilaian Literasi Sains Berorientasi Programme for International Student Assessment (PISA). Education and Human Development Journal, 2(1).