LOKASI USAHA DAN LITERASI DIGITAL DALAM MEMPENGARUHI PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM

Authors

  • Ridaul Innayah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Yosia Dian Purnama Windrayadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

lokasi usaha, literasi digital, pendapatan, UMKM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh lokasi usaha terhadap pendapatan UMKM, menganalisis ulang pengaruh literasi digital terhadap pendapatan UMKM, serta menganalisis pengaruh lokasi usaha dan literasi digital secara bersama-sama terhadap pendapatan UMKM. berjenis kuantitatif asosiatif dengan analisis statistik regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM yang berada di wilayah Tuban Jawa Timur dan menggunakan teknik Accidental Sampling dalam pengambilan sampelnya. Dengan teknik sampling tersebut, siapa saja pelaku UMKM yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sebagai responden. Penelitian ini menggunakan 3 metode dalam mengumpulkan data, yaitu observasi, wawancara, dan angket. Terdapat 101 responden yang telah mengisi angket penelitian baik melalui angket yang disebar secara konvensional maupun angket yang dibagikan melalui google form. Nilai signifikansi variabel lokasi usaha 0,109>0,05 yang bermakna lokasi usaha tidak memiliki pengaruh terhadap pendapatan UMKM. Hasil analisis dengan uji t juga menunjukkan nilai signifikansi literasi digital adalah  0,503>0,05 dan artinya literasi digital juga tidak berpengaruh terhadap pendapatan UMKM. Kemudian untuk mengetahui pengaruh lokasi usaha dan literasi digital terhadap pendapatan UMKM dapat dilihat pada nilai signifikansi dari hasil uji F nya. Taraf signifikansi adalah 0,250 > 0,05 yang berarti secara bersama-sama lokasi usaha dan literasi digital tidak mempengaruhi pendapatan UMKM.

References

Aji, A. W., & Listyaningrum, S. P. (2021). Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, Dan Teknologi Informasi Terhadap Pendapatan Umkm Di Kabupaten Bantul. JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 6(1).

Cahyani, P. D., Ridho, T. N., & Asmara, N. A. (2023). Pengaruh Modal Usaha, Bahan Baku, Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan (Studi Pada Sentra Kerajinan Topeng Bopung, Patuk, Gunung Kidul). Journal Ekonomi Integra, 13(1), 1–10.

Farhan, M. T., Eryanto, H., & Saptono, A. (2022). Pengaruh literasi digital dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha UMKM. TRANSEKONOMIKA: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(6), 35-48.

Fitriasari, P., Himawan, B., Yanida, M., & Widyatama, A. (2021). Apakah Literasi Keuangan Dan Inovasi Digital Mampu Meningkatkan Kinerja UMKM Saat Menghadapi Covid–19?. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 11(2), 195-202.

Hadi, D. P. (2015). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pada Usaha Kecil Dan Menengah Berbasis Sumber Daya Lokal Dalam Rangka Millenium Development Goals 2015 (Studi Kasus Di Pnpm-Mp Kabupaten Kendal). Jurnal Ilmiah CIVIS, 5(1), 725–736.

Mardiana, S., & Annisarizki, A. (2017). Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Paguyuban Wirausaha Cilegon (Pawon) dalam Cilegon Car Free Day. Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(1).

Mila, S., & Nurhidayah, S. A. (2022). Peran Literasi Finansial dan Inovasi Digital dalam Meningkatkan Business Performance dan Business Sustainability Pada UMKM di Kabupaten Pekalongan. Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 18(2), 212-227.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1-20.

Pambudi, H. W., Ningsih, G. M., & Mazwan, M. Z. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Sayur Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pasar Besar Batu Dan Pasar Besar Malang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 7(2), 743.

Parluhutan, H. V., & Setiawan, A. H. (2021). Pengaruh Modal, Pengalaman Usaha, Strategi Promosi dan Pendidikan Terhadap Keuntungan Pelaku UMKM Fashion pada Marketplace Online di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Economics, 9(3), 38-49.

Setiawan, T., Susetyo, D. P., & Pranajaya, E. (2021). Edukasi Literasi Digital: Pendampingan Transformasi Digital Pelaku UMKM Sukabumi Pakidulan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1599-1606.

Syahputra, A., Ervina, E., & Melisa, M. (2022). Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, Lokasi Pemasaran dan Kualitas Produk terhadap Pendapatan UMKM. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 183–198.

Syikin, N. (2020). Pengaruh Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Kuliner Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BOSOWA).

Tinneke, L., Kolanus, O., Rumate, V. A., & Engka, D. S. M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Mikro Kecil (Umk) Di Kota Manado. Jurnal Pembanguan Ekonomi dan Keuangan Daerah, 21(4), 46–62.

Wijaya, H., & Nailufaroh, L. (2022). Pengaruh Ekonomi Digital: Knowledge Terhadap Produktivitas Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Mediasi Di PT BPR BKK Wonogiri. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1941–1949.

Downloads

Published

2024-11-19