DESAIN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA JAWA KRAMA ALUS ANAK USIA 5–6 TAHUN
Keywords:
desain, buku cerita bergambar, perkembangan bahasa, Bahasa Jawa krama alusAbstract
Adanya penurunan penggunaan bahasa Jawa terutama krama alus pada masyarakat Jawa sehingga diperlukan adanya pembelajaran bahasa Jawa krama alus bagi generasi muda terutama anak usia dini khususnya pada anak usia 5–6 tahun. Penggunaan buku cerita bergambar digunakan untuk menstimulasi kemampuan bahasa Jawa krama alus anak usia 5–6 tahun dengan memperhatikan desain yang menarik, sesuai dengan kebutuhan anak dan sesuai dengan kevalidan media tersebut. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode perancangan Glass box. Analisis data menggunakan 5W 1H dan analisis uji validitas terhadap dua validator ahli media. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa desain buku cerita bergambar ini sesuai kebutuhan anak, menarik, orisinal dan layak (valid) dengan skor 96% yang diberikan oleh dua validator ahli media untuk digunakan dalam menstimulasi perkembangan bahasa Jawa krama alus anak usia 5–6 tahun.
References
Biantara, D. O., & Thohir, M. A. (2022). Analisis Komunikasi Siswa Kelas 6 SD dalam Mengimplementasikan Muatan Lokal Materi Unggah-Ungguh Basa Jawa. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa. 10(2): 183.
Desriana, N., & Pratiwi W. (2023). Tinjauan Buku Cerita Bergambar dan Aktivitas Anak sebagai Media Edukasi Anak Usia 3 – 5 Tahun. Imatype: Journal of Graphic Design Studies. 2(1):11.
Halim, D., & Munthe A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 9(3): 205.
Ihsan, M. (2023). Krisis Penggunaan Bahasa Jawa pada Generasi Muda: Mulai Terkikis dari Keluarga. Diakses pada 18 Mei 2024. Dari https://radarsolo.jawapos.com/penggunaan-bahasa-jawa-pada-generasi-muda-mulai- terkikis-dari-keluarga.
Isfak, M. A., & Setyawan, B. W. (2022). Representasi Bahasa Jawa Krama sebagai Bahasa yang Melambangkan Tindak Kesopanan. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra. 9 (2): 103-104.
Josaphat, Y. A. P., Cahyaningrum, A. N., Ladifa, H., Syach, S. F. N., & Khana, S. W. C. (2022). Eksistensi Bahasa Jawa Bagi Masyarakat Jawa Di Era Westernisasi Bahasa. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(1), 65-71.
Lestari, O. D. (2024). Analisis Karakter Sopan Santun melalui Penggunaan Bahasa Jawa pada Siswa SDN Ngadirejan. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. STKIP. Pacitan.
Mustofa, B. (2022). Anak di Usia Emas. Diakses pada 18 Mei 2024. Dari https://dinsos.kulonprogokab.go.id/detl/624/anak-di-usia-emas.
Nadhiroh, U. (2021). Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa dalam Melestarikan Budaya Jawa. Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, serta Pengajarannya. 3(1): 2.
PB, S. N., Andeas, A., & Nugroho, J. A. (2021). Pengembangan “jurnal proses desain” sebagai media pembelajaran perancangan desain. Jurnal Desain, 9(1), 131-142.
Puji, A. (2020). Penerapan Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Sesuai dengan Konteks Tingkat Tutur Budaya Jawa. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 3(2): 139.
Putri, A. A. (2023). Suku dengan Populasi Terbanyak di Indonesia. Diakses pada 28 Juli 2024.Dari: https://data.goodstats.id/statistic/suku-dengan-populasi-terbanyak-di-indonesia-A- JmNV.
Soedarwanto, H. (2020). Tinjauan Proses Kreatif Mahasiswa Desain Produk pada Proses Desain Tugas Akhir (Studi Kasus Tugas Akhir Desain Produk Mainan). Jurnal NARADA. 7(3): 313.
Utami, R. (2020). Perancangan Cerita Bergambar “The Adventure of Ara”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Padang.
Yusuf, M. A. (2021). Pengertian Desain: Fungsi, Tujuan, Manfaat, Metode, dan Jenisnya. Diakses pada 19 Agustus 2024. Dari: https://gramedia.com/literasi/desain/.