PELAYANAN PEMBELAJARAN UNTUK ANAK AUTIS DEMI PRESTASI AKADEMIK DI PINGGIR KOTA
Keywords:
Pelayanan, pembelajaran anak autis, prestasi akademikAbstract
Tujuan pengabdian ialah memberikan pelayanan pembelajaran atau private saat home visit untuk memberikan prestasi akademik demi siswa. Sayangnya, banyak anak autis yang tidak mendapatkan pendidikan. Padahal, anak autis sangat membutuhkan pendidikan agar bisa mandiri, kreatif, dan sukses. Hasil pengabdian masyarkat ini menggunakan metode pendekatan dan menggunakan media pembelajaran Peningkatan Keterampilan Akademik: Anak-anak autis yang terlibat dalam program ini menunjukkan peningkatan dalam keterampilan akademik dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung. Metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka membantu dalam memahami materi Pelajaran. Kesimpulan Pelayanan pembelajaran yang efektif harus memperhatikan kebutuhan dan karakteristik unik setiap anak autis. Pendekatan yang bersifat individual akan membantu dalam mengoptimalkan potensi mereka.
References
Abuaish, S., Al-Otaibi, N. M., Abujamel, T. S., Alzahrani, S. A., Alotaibi, S. M., Alshawakir, Y. A., Aabed, K., & El-Ansary, A. (2021). Fecal transplant and bifidobacterium treatments modulate gut clostridium bacteria and rescue social impairment and hippocampal bdnf expression in a rodent model of autism. Brain Sciences, 11(8). https://doi.org/10.3390/brainsci11081038
American Psychological Association. (2017). Clinical Practice Guideline for the Treatment of Posttraumatic Stress Disorder (PTSD). Washington, DC: APA, Guideline Development Panel for the Treatment of Posttraumatic Stress Disorder in Adults., 31(4), 139. https://doi.org/10.1162/jocn
Anies R. Basedan. (2014). Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia pendidikan Indonesia. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Candini, M., Battaglia, S., Benassi, M., di Pellegrino, G., & Frassinetti, F. (2021). The physiological correlates of interpersonal space. Scientific Reports, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.1038/s41598-021-82223-2
Dierker, D. L., Feczko, E., Pruett, J. R., Petersen, S. E., Schlaggar, B. L., Constantino, J. N., Harwell, J. W., Coalson, T. S., & Van Essen, D. C. (2015). Analysis of cortical shape in children with simplex autism. Cerebral Cortex, 25(4), 1042–1051. https://doi.org/10.1093/cercor/bht294
Farida, F. (2018). Upaya Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4263
Gessaroli, E., Santelli, E., di Pellegrino, G., & Frassinetti, F. (2013). Personal Space Regulation in Childhood Autism Spectrum Disorders. PLoS ONE, 8(9), 1–8. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0074959
Jaya, U. A., Yulianti, E., Wiyata, M. T., Wijaya, Z. R., Hodijah, C., Yuda, M. S., Rahayu, H. S., & Raspati, G. (2024). Kesehatan Mental Dan Anti Bullying Di Kalangan. 5(1), 113–123.
Khadem-Reza, Z. K., & Zare, H. (2022). Evaluation of brain structure abnormalities in children with autism spectrum disorder (ASD) using structural magnetic resonance imaging. Egyptian Journal of Neurology, Psychiatry and Neurosurgery, 58(1). https://doi.org/10.1186/s41983-022-00576-5
Martana, S. P., & Hafilda, H. (2021). Kriteria Ruang Sekolah Khusus Penyandang Autisme. Waca Cipta Ruang, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.34010/wcr.v7i1.4749
McAllister, K., & MaGuire, B. (2012). A design model: The Autism Spectrum Disorder Classroom Design Kit. British Journal of Special Education, 39(4), 201–208. https://doi.org/10.1111/1467-8578.12006
Rahyu, N. A., Nafratilova, L., Indrayani, S., & Riau, U. M. (2024). Peningkatan Dukungan Sosial Bagi Kesehatan Mental Remaja Di SMA Negeri 7 Pekanbaru. 8(2), 210–217.
Sauer, A. K., Stanton, J. E., Hans, S., & Grabrucker, A. M. (2021). Autism Spectrum Disorders: Etiology and Pathology [Trastornos del Espectro Autista: Etiología y Patología]. Autism Spectrum Disorders, 1, 1–15.
Wiyantoro, A., Karim, H., & Kurniawan, Y. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Autis Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Islamic Education Studies : An Indonesia Journal, 3(2), 98–114. https://doi.org/10.30631/ies.v3i2.54
Yeni Fitria, Rahmawati Maulida, 2018. (2019). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kesehatan jiwa remaja di Smpn kota malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yovi Apriliyani, Dhia Rahmadika, Sherina Wifda, & Hijriati Hijriati. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Autis Usia Dini di SLB TNCC Banda Aceh. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 125–132. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i2.998