PENDAMPINGAN PEMBUATAN DESAIN KEMASAN KERIPIK “LUMPIA ROLL” DI DESA SEKARDADI KECAMATAN JENU KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Susanti Dhini Anggraini Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nia Nurfitria Universitas PGRI Ronggolawe
  • Krishna Tri Sanjaya Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nanang Wicaksono Universitas PGRI Ronggolawe
  • Anggia Kalista Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sholihah Az-zahro Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

keripik “lumpia roll”, digital marketing, kemasan, SWOT

Abstract

Desa Sekardadi merupakan salah satu desa sentra keripik yang berada di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Salah satu produk keripik yaitu Keripik “lumpia roll” yang dikenal memiliki kualitas rasa enak, gurih dan murah. Hal ini membuat banyaknya tingkat permintaan produk keripik “lumpia roll” yang memicu persaingan antar produsen dan kemunculan kompetitor. Sehingga produsen dituntut untuk selalu mengikuti trend pasar dan kebutuhan konsumen. Salah satu faktor yang mempengaruhi pembelian adalah kemasan produk. Permasalahan yang dialami mitra yaitu usaha keripik “lumpia roll” bu minhayati adalah tingginya permintaan produk, namun kemasan produk yang masih sederhana yaitu menggunakan plastik polos sehingga membuat produk tidak bisa tahan lama. Selain itu, kemasan ini membuat mitra tidak percaya diri dalam melakukan pemasaran dengan area market yang lebih luas. Oleh karena itu, telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dengan pendampingan pembuatan desain kemasan produk keripik “lumpia roll” yang memiliki tujuan agar keterampilan mitra dalam hal pengemasan produk menjadi lebih baik, menarik dan informatif.

References

Barska, A., & Wyrwa, J. (2017). Innovations in the food packaging market - Intelligent packaging - A review. In Czech Journal of Food Sciences (Vol. 35, Issue 1, pp. 1–6). Czech Academy of Agricultural Sciences. https://doi.org/10.17221/268/2016-CJFS

Farida, S. N. (2024). Usaha Kuliner sebagai Penggerak Ekonomi Keluarga. Jurnal Bisnis Indonesia, 15(2).

Febrianti, F., & Beni, S. (2023). Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Kuliner Di Kecamatan Bengkayang. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 11(02), 189-210.

Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan pentingnya label pada kemasan produk dan pajak pada usaha kecil menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi, 1(2).

Jatiningrum, C., Muharlisiani, L. T., Rahayu, S., & Ramadhani, A. N. (2021). Pengembangan UMKM Melalui Peningkatan Pemasaran Produk Kripik Tempe di Desa Wonoharjo Kabupaten Tanggamus. NEAR: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-6.

Junifa, T. (2022, November). Prospek dan Potensi Pengembangan CAB ROXY BANG RENO untuk melakukan Bisnis melewati Batas Wilayah Kab/Kota Sukabumi. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis (Vol. 2).

Lydekaityte, J., & Tambo, T. (2020). Smart packaging: definitions, models and packaging as an intermediator between digital and physical product management. International Review of Retail, Distribution and Consumer Research, 30(4), 377–410. https://doi.org/10.1080/09593969.2020.1724555

Pal, M., Devrani, M., Hadush, A., Author, C., & Director of Narayan, F. (2019). Recent developments in food packaging technologies. In 21 BEVERAGE & FOOD WORLD (Vol. 46, Issue 1).

Partiwi, A., & Arini, E. (2021). Pengaruh kemasan dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 2(1), 77-87.

Rasa, I. N. M. A. G., Astiti, M. P., Eryani, I. A. A. P., Yudiastari, I. N. M., & Semaryani, I. A. A. M. (2023). Pentingnya kemasan dalam pemasaran produk. Scopindo Media Pustaka.

Robiani, B., Mukhlis, M., Sukanto, S., Hamira, H., & Apriani, D. (2024). Peningkatan Kualitas Packaging Produk UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan di Desa Sungsang 4. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(1), 31-42.

Rundh, B. (2013). Linking packaging to marketing: How packaging is influencing the marketing strategy. British Food Journal, 115(11), 1547–1563. https://doi.org/10.1108/BFJ-12-2011-0297

Suraya, F., Galuh Maharani, D., Rachmawati, H., Mayang Yulia Putri, D., & Andika Sari, R. (2021). Jurnal Puruhita Peran Digital Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktifitas UMKM di Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. In Puruhita (Vol. 3, Issue 2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/puruhita

Sutrisno, S., Tannady, H., Ekowati, D., MBP, R. L., & Mardani, P. B. (2022). Analisis Peran Kualitas Produk Dan Visual Identity Terhadap Purchase Intention Produk Teh Dalam Kemasan. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(6), 4129-4138.

Tsaniyah, S. P., Agustiningrum, P. D., Lailaturohmah, S., & Susanti, D. (2024). Analisis Pengembangan Bussines Plan Produk Makanan Stik Daklor (Daun Kelor) Pencegah Radikal Bebas. ⁠⁠ Jurnal Literasi Indonesia, 1(1), 18-28.

Wrona, M., & Nerín, C. (2020). Analytical approaches for analysis of safety of modern food packaging: A review. In Molecules (Vol. 25, Issue 3). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/molecules25030752

Wyrwa, J., & Barska, A. (2017). Innovations in the food packaging market: active packaging. In European Food Research and Technology (Vol. 243, Issue 10, pp. 1681–1692). Springer Verlag. https://doi.org/10.1007/s00217-017-2878-2

Downloads

Published

2024-10-28