TUGAS – TUGAS INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF
Keywords:
berpikir kritis, kreatifAbstract
Kemampuan berpikir kritis dan kreatif perlu diajarkan dalam pembelajaran matematika di sekolah, sehingga akan menjadikan suatu aktifitas berpikir ke dalam kegiatan sehari – hari. Dengan kata lain kemampuan berpikir harus berkembang dan menjadi satu bagian dengan pembelajaran matematika. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif ini. Diantaranya, guru dapat menjadikan siswa terlatih untuk berpikir kritis dan kreatif dengan menjelaskan masalah sebalum menjawab, sehingga hasilnya kita refleksikan degan empat cara yaitu : Apakah ada cara lain?, Apakah Jika?, Apakah ada yang salah? dan Apakah yang harus kita lakukan?
References
Polya. 1973. How to Solve It. Princetown, NJ:Princetown University Press.
Krulik, Stephen & Rudnick, Jesse A. 1999. Innovative Task to Improve Critichal and Creative Thinking Skills.p.138-145. from Developing Mathematical reasoning in Grades K-12. 1999 Year book. Stiff, Lee V. Curcio, Frances R. Reston, Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Siswono, Tatag YE. 2008. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unesa University Press
Krulik, Stephen & Rudnick, Jesse A. 1999. Innovative Task to Improve Critichal and Creative Thinking Skills.p.138-145. from Developing Mathematical reasoning in Grades K-12. 1999 Year book. Stiff, Lee V. Curcio, Frances R. Reston, Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Siswono, Tatag YE. 2008. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unesa University Press
Downloads
Published
2014-08-04
How to Cite
Erna Novianti, D. (2014). TUGAS – TUGAS INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 59–66. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/snmpm/article/view/10
Issue
Section
Articles