TINGKAT BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

  • Hesti Vidiana
Keywords: tingkat berfikir, teori Van Hiele, jenis kelamin

Abstract

Tujuan  penulisan  ini  untuk  mendiskripsikan tingkat  berfikir  siswa  berdasarkan teori  Van  Hiele ditinjau dari jenis kelamin. Dalam teori van Hiele siswa akan melalui lima tingkat berfikir dalam mempelajari geometri yaitu tingkat 0 (visualisasi), tingkat 1 (analisis), tingkat 2 (deduksi informal), tingkat 3 (deduksi formal),dan tingkat 4 (rigor). Masing-masing siswa tentu akan berbeda dalam menyusun dan mengolah informasi yang mereka dapatkan. Perbedaan antar siswa dalam menyusun dan  mengolah     informasi  pada  materi  geometri  bisa  dikarenakan  perbedaan  jenis  kelamin. Kemampuan cara berpikir anak laki-laki dan anak perempuan berbeda, laki-laki lebih analisis dan fleksibel daripada perempuan. Dengan demikian, hasil yang diharapkan dari penulisan ini berupa gambaran tentang perbedaan tingkat berfikir siswa laki-laki dengan siswa perempuan dalam berfikir geometri berdasarkan teori Van Hiele.

References

Abdussakir, 2010. Pembelajaran Geometri Sesuai Dengan Teori van Hiele. [online].Tersedia : http://abdussakir.wordpress.com/2011/02/09/pembelajaran- geometri-sesuai-teori-van-hiele-lengkap/. Diakses 22 Maret 2014.

Anne. T.. 1999. The van Hiele Models of Geometric Thought. (Online (Http://euler.slu.edu/teach_material/van_hiele_model_of_geometry.html, diakses 4 april 2014).

Argyropoulus, V.. 2001. Investigating Levels of Understanding of Concept of Geometric Shape by Student with V.I. (Online) (Http://www.iceui- europe.org/cracow2000/proceeddings/chapter04/04-10.doc, diakses 4 maret 2014).

Arifin, Zainal. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendikia.

Budiarto, M.T.. 2000. Pembelajaran Geometri dan Berpikir Geometri. Dalam prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Millenium III”. Jurusan Matematika FMIPA ITS Surabaya. Surabaya, 2 Nopember.

Hatip, Ahmad. 2008. Proses Berpikir SiswaSMP dalam Menyelesaikan Soal- Soal Faktorisasi Suku Aljabar ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender. Tesis tidak dipublikasikan. Surabaya: ProgramPascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Purnomo, A.. 1999. Penguasaan Konsep Geometri dalam Hubungannya dengan Toeri Perkembangan Berpikir van Hiele pada Siswa Kelas II SLTP Negeri 6 Kodya Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP Malang.
Published
2014-08-04
How to Cite
Vidiana, H. (2014). TINGKAT BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 85-90. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/snmpm/article/view/13