ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS X AKUTANSI SMK PGRI 2 BOJONEGORO

  • Junarti
Keywords: Kemampuan, Belajar, dan Faktornya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi rata-rata kemampuan matemat- ika siswa SMK Kelas X Akutansi dengan standar Minimal (KKM) adalah 70, untuk menguji signifikansi kesesuaian dalam memberikan pendapat tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika, untuk mengukur sejauhmana faktor yang mendominasi  dalam mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa SMK kelas X Akutansi PGRI 2 Bojonegoro.

 

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK PGRI 2 Bojonegoro. Dengan Tektnik Cluster random sampling diperoleh dua kelas kelompok sampel yang berjumlah 40 siswa  dengan rincian 20 siswa kelas X Ak-1 dan 20 siswa kelas X Ak-2. Instrumen penelitian menggunakan teknik non tes dengan dokumentasi hasil nilai ulangan matematika dari guru matematika digunakan mendapatkan data hasil belajar matematika, dan angket yang berjumlah 40 butir yang menjelaskan berbagai   factor belajar.

 

Uji Statistik dalam penelitian ini adalah statistik parametris dengan uji t yakni untuk uji hipotesis deskriptif satu varibel, diperoleh hasil  nilai rata-rata matematika pada ke- las Ak-1  lebih dari atau sama dengan 70 dan untuk kelas X Ak-2 diperoleh bahwa nilai rata-rata matematika  kurang dari 70.

Untuk uji signifikansi kesesuaian kelas X Ak-1 dan X Ak-2 dalam menyampaikan pernyataan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika yang dialami digunakan uji korelasi Spearman Rank diperoleh secara signifikan antara kelompok AK-1 dan AK-2 bersesuaian dalam memberikan pendapat tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika. Sedangkan untuk uji perbedaan dua rata- rata dengan uji t diperoleh tidak terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kemampuan belajar kelas X Ak-1 dan kelas X Ak-2.

References

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Diknas. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Proyek PGSM-DIKTI. Grows.

Dougles A. 1992. Handbook of Research on Mhathematics Teaching and Learning. USA.: NCTM Shunway.

Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Partowisastro dan Hadisuparto. 1984. Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar. Bandung: Erlangga,.

Richad J. 1980. Resarch in Mhatematic Education. USA :NCTM. Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 1993. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Sukamto, dkk. 1992. Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dikti Depdikbud

Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.
Published
2014-08-04
How to Cite
Junarti. (2014). ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS X AKUTANSI SMK PGRI 2 BOJONEGORO. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 121-130. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/snmpm/article/view/17